Kapolres: jalur Padang-Solok sudah dapat dilalui kendaraan

id Yulmar TryHimawan

Kapolres: jalur Padang-Solok sudah dapat dilalui kendaraan

Kapolresta Padang AKBP Yulmar Try Himawan . (ANTARA SUMBAR/Mario S Nasution)

Padang, (Antara) - Kapolresta Padang, Sumatera Barat, Kombes Pol Yulmar Try Himawan mengatakan jalur yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok yang tertimbun longsor pada Kamis (13/12) malam saat ini telah dapat dilalui kendaraan.

“Jalur transportasi yang menghubungkan Provinsi Sumbar dengan Jambi ini sudah dapat dilalui kendaraan sekitar pulu 09.30 WIB tadi,“ katanya di Padang, Jumat.

Menurut dia jalur tersebut dapat dilalui kendaraan dengan menggunakan sistem buka tutup karena masih ada pengerjaan alat berat untuk membersihkan material longsor.

“Petugas kami tempatkan di lokasi untuk mengatur lalu lintas kendaraan agar jalur ini dapat dilalui oleh masyarakat,” kata dia.

Sebelumnya jalur yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok terputus karena terjadi longsor di kawasan Sitinjau Lauik sekitar pukul 22.30 WIB.

Material longsor tersebut menutupi badan jalan dan memutus akses kendaraan baik roda dua maupun roda empat karena material longsor dan pohon tumbang menutupi badan jalan.

Kemudian akibat longsor tersebut sebanyak tiga unit mobil ikut terseret material longsor yang terjadi pada Kamis malam tersebut.

Ketiga mobil yang terseret adalah angkutan umum Bus Family Raya dengan penumpang tiga puluh orang. Sementara dua mobil lainnya adalah mini bus dan satu unit truk.

Dari informasi yang diberikan BPBD ada lima korban yang terdampak longsor tersebut, satu orang meninggal dunia, satu orang mengalami dan tiga lainnya luka-luka. Seluruh korban sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Semen Padang. (*)