Dharmasraya sosialisasi tanda tangan digital percepat pelayanan

id Tanda tangan digital

Dharmasraya sosialisasi tanda tangan digital percepat pelayanan

Wakil Bupati Amrizal memberi sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Tanda Tangan Digital, Rabu (12/12). (ANTARA SUMBAR/Humas Dharmasraya)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Berat (Sumbar), menyelenggarakan sosialisasi pemanfaatan sertifikat elektronik pada tanda tangan digital untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan birokrasi.

"Melalui sosialisasi ini diharapkan percepatan implementasi penyelenggaraan sistem pemerintah berbasis elektronik dapat segera terwujud," kata Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal di Pulau Punjung, Rabu.

Ia mengatakan tanda tangan digital yang akan diimplementasikan merupakan persetujuan penandatanganan atas informasi dokumen elektronik yang ditandatangani, kata dia.

Dengan pemanfaatan tanda tangan digital pejabat dapat menandatangai dokumen atau naskah dinas secara elektronik tanpa terbatas tempat dan waktu, jelas dia.

"Dengan demikian akan menghemat biaya negara, menghemat penggunaan kertas, waktu dan lainnya sehingga dapat meningkatkan profesionalisme dalam tata kelola pemerintahan," kata dia.

Menurutnya pemanfaatan sertifikat elektronik juga merupakan upaya menjaga keamanan data informasi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Dalam hal pemenuhan aspek keamanan informasi serta menambah wawasan mengenai sertifikat elektronik yang berdampak pada meningkatnya pelayanan pada masyarakat, lanjut dia.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Dharmasraya, Sutan Taufik menyebutkan dalam pemanfaatan tanda tangan digital di lingkup Pemkab Dharmasraya pihaknya melakukan perjanjian kerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Ia mengatakan dengan penerapan sertifikat elektronik pada tanda tangan digital bertujuan agar pelayanan kepada masyarakat akan lebih efisien, cepat dan mudah serta mempermudah dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan terutama berkaitan dengan pelayanan publik.

Peserta sosialisasi diikuti kepala organiasi perangkat daerah, kepala bagian, dan camat di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya. (*)