Bunga Bangkai tumbuh di pekarangan warga Lima Kaum Tanah Datar

id Bunga bangkai

Bunga Bangkai tumbuh di pekarangan warga Lima Kaum Tanah Datar

Bunga Bangkai tumbuh di pekarangan salah seorang warga Limo Kaum, Tanah Datar. (Antara Sumbar/ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Bunga Bangkai dengan nama latin Amorphophallus Titanum ditemukan tumbuh di pekarangan rumah salah seorang warga Nagari Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Pemilik rumah, Ningsih (48) di Batusangkar, Rabu, mengatakan pada awalnya ia tidak menyangka bahwa bunga yang tumbuh di pekarangan rumahnya adalah bunga bangkai.

“Saat saya menyapu perkarangan rumah, di balik dedaunan saya menemukan sebuah benda asing sebesar kepalan tangan orang dewasa," katanya.

Ia menyebutkan, beberapa hari kemudian benda tersebut tumbuh besar dan mulai mengeluarkan bau yang tidak sedap. Warga sekitar yang datang menyaksikan pun mengasumsikan bahwa itu adalah Bunga Bangkai.

Saat ini bunga tersebut dirawat oleh Ningsih dengan menambahkan pagar bambu di sekelilingnya dan memperkenankan siapa pun untuk datang menyaksikan.

“Tak tertutup kemungkin nantinya orang akan berdatangan untuk melihat bunga ini, selagi bisa menjaga tanpa merusaknya, tentu kami ijinkan,” kata dia.

Ia menambahkan, pada tahun 2012 di sekitar daerah tersebut juga pernah tumbuh bunga yang serupa dengan Bunga Bangkai tersebut.

Salah seorang warga, Rian (27) mengatakan keberadaan Bunga Bangkai tersebut cukup mengundang rasa masyarakat untuk datang.

“Mungkin orang yang datang awalnya karena mendengar kabar dari mulut ke mulut bahwa disini tumbuh Bunga Bangkai," katanya.