Akses lalu lintas Matur ke Palembayan sudah normal

id Longsor,Jalan Longsor,Akses Jalan Matur Palembayan

Akses lalu lintas Matur ke Palembayan sudah normal

Ilustrasi - Jalan tertutup tanah longsor. (Antara Sumbar/Laras Robert)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Tim gabungang telah selesai membersihkan material tanah longsor yang menimbun badan jalan di Aia Taganang, Nagari Matua Hilia, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, sehingga akses lalu lintas Matur ke Kecamatan Palembang kembali normal.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Muhammad Lutfi Ar di Lubukbasung, Rabu, mengatakan, jalan itu selesai dibersihkan pada Rabu (12/12) sekitar pukul 12.30 WIB.

"Saat ini arus lalu lintas sudah normal dari Kecamatan Matur menuju Kecamatan Palembayan," katanya.

Pembersihan material itu melibatkan tim gabungan dari BPBD, Satpol PP Damkar, Polres Agam, Dandim 0304 Agam, pemerintah kecamatan, pemerintah nagari dan masyarakat setempat.

Pembersihan itu juga melibatkan alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang setempat.

"Berkat kerja sama itu, pembersihan material bisa dilakukan sekitar dua jam," tegasnya.

Terkait cuaca ekstrem yang melanda Agam, Lutfi mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat berada di daerah rawan longsor, banjir dan pohon tumbang.

Bagi pengendara yang melintasi daerah rawan bencana untuk lebih berhati-hati, kalau bisa mencari jalan alternarnatif yang jauh dari potensi bencana karena bencana terjadi kapanpun dan dimanapun.

"Ini mengingat bahwa Agam merupakan daerah rawan bencana alam seperti longsor, banjir, pohon tumbang dan lainnya," tambahnya.

Ia menambahkan, jumlah bencana yang terjadi di daerah itu sebanyak 170 kali semenjak Januari sampai 12 Desember 2018.

Sementara kerugian material akibat kejadian itu sekitar Rp2,24 miliar. (*)