Polres Solok: pengedara waspadai longsor saat hujan

id Sitinjau Lauik,Jalan Solok-Padang,Polres Solok

Polres Solok: pengedara waspadai longsor saat hujan

JIlustrasi - (ANTARA SUMBAR/istimewa/)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Solok Arosuka, Sumatera Barat, menyatakan jalan Lintas Padang-Solok aman dilalui pengendara termasuk yang akan menuju ke Bukittinggi via Solok.

"Kemarin memang ada tumpahan CPO di Sitinjau Laut yang masih wilayah Padang, tapi sekarang sudah bisa dilalui dan tidak macet lagi," kata Kasatlantas Polres Solok Arosuka Iptu Bayful Yendri di Arosuka, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa cuaca beberapa hari ini yang hujan lebat cukup mengkhawatirkan jika jalan lintas tersebut longsor, tapi sejauh ini masih aman dan terus dipantau.

"Bagian yang rawan longsor biasanya di Perbatasan Padang dan Solok," ujarnya.

Selain itu yang rawan longsor di pintu angin dekat Polres Solok Arosuka, Nagari Batang Barus karena material batu-batu kecil atau kerikil yang sering turun ketika hujan deras akibat terjalnya bukit dan tebing sekitar lokasi tersebut.

"Walaupun aman, tapi pengendara tetap harus berhati-hati di kawasan Lubuk Selasih, dan sepanjang jalan Lintas Padang- Solok yang cukup banyak tebing yang dkhawatirkan longsor bila hujan lebat," ujarnya.

Pihaknya tetap waspada dan terus memantau jalur lalu lintas di bagian rawan kecelakaan lalu lintas dan bencana.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Sumatera Barat merekomendasikan masyarakat dari Pekanbaru menuju Padang dan sebaliknya melewati jalur Solok, karena jalur utama melewati Padangpariaman belum bisa dilewati akibat jembatan putus di Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

"Ada dua alternatif yaitu melewati Solok atau melewati Malalak Agam terus ke Sicincin Padangpariaman. Namun lebih direkomendasikan lewat Solok," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Sumbar, Dedy Diantolani di Padang, Selasa.

Menurutnya jalur Sicincin- Malalak kondisi jalannya cukup baik, tetapi kadang diselimuti kabut tebal hingga jarak pandang terbatas.

Selain itu, jika curah hujan tinggi jalur itu juga masih rawan longsor hingga bisa membahayakan pengendara.

Jalur Solok melewati Danau Singkarak terus ke Sitinjau Laut relatif lebih aman bagi pengendara sehingga lebih direkomendasikan. (*)