Permudah pelayanan dan kerja, seluruh OPD Dharmasraya telah terkoneksi internet

id Internet,OPD Dahramasraya

Permudah pelayanan dan kerja, seluruh OPD Dharmasraya telah terkoneksi internet

Sekretaris Dinas Kominfo Dharmasraya, Henri. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) vertikal maupun horizontal di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), telah terkoneksi jaringan internet sebagai upaya mendukung program pelayanan publik berbasis internet di daerah itu.

"Tahun depan, kami lanjutkan untuk pembangunan jaringan internet 11 kantor kecamatan di Dharmasraya," kata Sekretaris Dinas Kominfo (Kominfo) Dharmasraya, Hendri di Pulau Punjung, Senin.

Ia mengatakan pelaksaan pembangunan jaringan internet OPD telah dimulai sejak 2017.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menargetkan pada 2019 pembangunan jaringan seluruh kantor pemerintah hingga camat dan wali nagari dapat dituntaskan, kata dia.

Ia berharap perencanaan itu mendapat dukungan seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan sehingga target Dharmasraya menjadi daerah smart city di 2020 dapat terwujud.

"Tahun ini kami membangun jaringan pada 10 OPD Dharmasraya menggunakan dana sebesar Rp54 juta dari APBD 2018," ungkapnya.

Ia menyebutkan terkoneksinya jaringan internet seluruh OPD akan memudahkan segala pengurusan administrasi pemerintahan yang dilakukan instansi daerah itu, kata dia.

Ia mencontohkan, pejabat tidak lagi perlu mendatangi Badan Keuangan Daerah (BKD) jika akan melakukan entri data pencarian anggaran program kegiatan, sebut dia.

Kabupaten Dharmasraya menargetkan seluruh urusan administrasi pemerintah dilayani secara online agar pelayan dapat dilakukan secara cepat, transparan dan akuntabilitas, sebut dia.

"Nanti dapat kita buat surat menyurat secara online (SI MAYA), aplikasi pelayanan rumah sakit terintegrasi (SIMRS), dan lainnya. Tentu untuk mewujudkan ini kita bangun dulu jaringan agar semua instansi terkoneksi dengan baik," tambah dia. ***4***