Kaum ibu-ibu jangan tergiur kosmetik murah

id BPOM Loka Dharmasraya,Kosmetik Murah,Wabup Dharmasraya,Amrizal

Kaum ibu-ibu jangan tergiur kosmetik murah

Wakil Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Amrizal (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Amrizal mengimbau masyarakat khususnya kaum ibu-ibu agar tidak tergiur dengan kosmetik harga murah yang belum terjamin kualitasnya.

"Hati-hati saat ini banyak produk murah namun membahayakan bagi kesehatan, tidak apa harganya mahal asal jelas kualitasnya," katanya di Pulau Punjung, Jumat.

Hal itu disampaikan Wabup dihadapan ratusan ibu-ibu yang mengikuti sosialisasi penyebaran informasi obat, makanan, kosmetik dan obat tradisional melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), yang digelar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Dharmasraya.

Ia menyarankan kosmetik yang digunakan hendaknya produk resmi menggunakan izin edar dan halal. Sebab kosmetik yang salah akan berdampak pada wajah dan kehatan pengguna.

Pada kesempatan itu, Wabup juga berpesan orang tua agar memperhatikan jajanan yang dibeli anak-anak saat berada di lingkungan sekolah.

Menurut laporan masih terdapat jajanan anak-anak sekolah menggunakan zat berbahaya sebagai pemanisnya.

"Pemanis buatan yang terlalu banyak mengandung yang zat berbahaya akan dapat menurunkan daya ingat bagi anak-anak yang mengkonsumsinya," katanya.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya mengucapkan terima kasih kepada BPOM Loka Dharmasraya dan semua pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan KIE dan edukasi obat dan makanan kepada masyarakat, kata dia.

Kehadiran kantor perwakilan BPOM di Dharmasraya akan semakin memudahkan pengawasan obat dan makanan sehingga masyarakat dapat terhindar dari zat kimia berbahaya.

"Pengawasan makanan akan lebih efektif, kita ketahui selama ini kantor BPOM hanya ada di Padang, namun hari ini sudah ada di Dharmasraya," katanya.

BPOM Loka Dharmasraya membawahi Kabupaten Sijunjung resmi berkantor sejak September 2018, yang sementara berkedudukan di Jalan Lintas Sumatera Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung.(*)