Pemerintah Kabupaten Nias komitmen untuk penuhi hak anak

id nias

Peta Nias

Ranperda kabupaten layak anak juga telah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Nias tahun 2016-2021,
Nias, Sumut, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Nias, Sumatera Utara, berkomitmen untuk memenuhi hak anak dan memberi penghargaan serta perlindungannya dengan meningkatkan keterlibatan anak dalam kegiatan pembangunan di daerah tersebut.

"Kita terus berupaya supaya anak menjadi perhatian dalam tiap proses pembangunan secara terintegrasi, yang dimulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan evaluasi sesuai indikator kabupaten layak anak," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Firman Yanus Larosa di Nias, Kamis

Ranperda kabupaten layak anak juga telah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Nias tahun 2016-2021.

Dimana Ranperda Kabupaten layak anak dibentuk sebagai tindaklanjut dalam mewujudkan RPJMD Kabupaten Nias melalui misi meningkatkan kualitas hidup dan daya saing masyarakat.

Selain itu, sesuai amanat undang undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak, pemerintah daerah berkewajiban menjamin pemenuhan hak hak anak dengan melaksanakan kebijakan kabupaten layak anak.

Sehingga Pemerintah Kabupaten Nias memerlukan regulasi sebagai payung hukum agar anak dapat tumbuh dan berkembang, serta berpartisipasi sesuai harkat dan martabat sebagai generasi penerus bangsa dan potensi pembangunan daerah ke depan.

"Pemerintah Kabupaten Nias telah melakukan langkah langkah untuk mengatasi anak kurang gizi dan berat badan rendah di Kabupaten Nias," jelasnya.

Langkah langkah tersebut menurut Sekda adalah melakukan pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak, penjaringan dan perawatan anak yang gizi buruk dan stunting secara berkesinambungan.

Kemudian memberikan makanan tambahan melalui kegiatan Posyandu atau Puskesmas, mengendalikan penduduk melalui peningkatan kesadaran mengikuti program keluarga berencana dan membentuk forum anak Kabupaten Nias di setiap Kecamatan dan Desa.(*)
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar