Ratusan mahasiswa asal Pesisir Selatan terima beasiswa

id Beasiswa bagi Mahasiswa Miskin,Baznas Pesisir Selatan

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni memberikan sambutan sebelum menyerahkan beasiswa secara simbolis. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyerahkan beasiswa kepada 778 mahasiswa kurang mampu asal daerah setempat dengan total anggaran mencapai Rp1,1 miliar.

"Beasiswa ini diberikan sebagai bentuk kepedulian Baznas terhadap kelanjutan pendidikan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni usai menyerahkan beasiswa secara simbolis di Painan, Rabu.

Ia menambahkan, dengan beasiswa diharapkan mampu meringankan biaya kuliah serta dapat memacu penerima agar lebih semangat menuntut ilmu.

Pihaknya berpesan agar beasiswa yang diterima tidak disalahgunakan terutama untuk membeli barang-barang elektronik seperti telepon genggam, televisi atau untuk kegiatan yang tidak bermanfaat.

"Meski kecil namun kami berharap beasiswa benar-benar digunakan untuk pembiayaan kuliah," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Baznas Pesisir Selatan, Yuspardi menyebutkan, dari 778 mahasiswa penerima beasiswa 765 diantaranya menempuh jejang pendidikan strata satu, sementara 13 orang lainnya menempuh strata dua.

Bagi yang menempuh jenjang strata satu, menerima beasiswa sebesar Rp1,5 juta sementara yang menempuh strata dua menerima Rp2 juta.

Keseluruhan merupakan mahasiswa Pesisir Selatan yang mengenyam pendidikan di luar kabupaten seperti di Kota Padang dan daerah lain.

Sementara khusus bagi mahasiswa yang menuntut ilmu di dalam kabupaten beasiswa telah terlebih dahulu diberikan pada beberapa bulan yang lalu.

Beasiswa bagi mereka diberikan langsung di kampus yang bersangkutan sebagai upaya meminimalkan penyalahgunaan beasiswa.

"Kami langsung menjalin komunikasi dengan pihak kampus dan beasiswa yang diberikan langsung untuk membayar iuran semester mahasiswa penerima," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar