Padang Panjang masuk penilaian ruang baca ramah anak

id Ruang Baca Ramah Anak,Perpustakaan Padang Panjang

Kunjungan tim penilai ruang baca ramah anak Kemenpan-RB ke Padang Panjang. (Antara Sumbar/ Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, masuk dalam penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sebagai daerah yang menghadirkan ruang baca ramah anak (RBRA).

Ketua Tim Penilai Sri Martani Wahyu Widayati di Padang Panjang, Selasa, mengatakan dari data dan informasi yang telah diterima pihaknya, daerah itu memungkinkan diberi sertifikasi untuk ruang baca ramah anak.

Namun sebelumnya perlu diperiksa lebih lanjut apakah kondisi yang digambarkan telah sesuai dengan kondisi yang sebenarnya dan memenuhi kriteria ruang baca ramah anak yang telah ditetapkan.

Ia menerangkan terdapat 13 persyaratan yang dijabarkan dalam 92 pertanyaan. Agar tersertifikasi, 49 pertanyaan di antaranya wajib terjawab atau sudah sesuai dengan kondisi yang disyaratkan.

Penjabat Sekretaris Daerah setempat Martoni mengatakan meski ruang baca ramah anak di daerah itu masih memiliki kekurangan namun secara berangsur tetap dibenahi sesuai kriteria yang ditetapkan.

"Memang masih ada kekurangan. Kunjungan tim penilai sekaligus bisa memberi arahan pada pemerintah daerah pada bagian atau kriteria mana yang mesti diperbaiki," katanya.

Ia berpesan ketersediaan ruang baca ramah anak menjadi perhatian bagi setiap organisasi perangkat daerah dan bekerja sama membenahinya untuk menyediakan ruang yang sesuai dengan hak anak. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar