Pesisir Selatan akan menormalisasi Sungai Batang Lengayang pada 2019

id Hendrajoni

Bupati Hendrajoni berbincang dengan pemilik lahan terkait pelaksanaan normalisasi sungai. (Antara Sumbar /Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, berencana menormalisasi sungai Batang Lengayang di Kecamatan Lengayang pada 2019 sebagai upaya meminimalkan banjir di daerah setempat.

"Sungai Batang Lengayang yang berbelok-belok merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir, kami akan menganggarkan Rp6 miliar untuk menormalisasinya," kata Bupati setempat, Hendrajoni di Painan, Selasa.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaannya pihaknya akan membuat aliran sungai baru sepanjang 220 meter dengan luas sekitar 20 meter.

"Sebenarnya aliran yang akan dibuat merupakan aliran sungai lama, namun sejak puluhan tahun terakhir sudah tidak dilewati air karena berbagai faktor," katanya lagi.

Dengan adanya pembuatan aliran sungai baru bentuk sungai tidak lagi berbelok, dan diharapkan jika intensitas air sungai meningkat air tidak lagi meluap hingga menyebabkan banjir.

Terkait pelaksanaan normalisasi pihaknya telah membuka pembicaraan dengan masyarakat pemilik lahan.

"Pemilik lahan menyambut rencana normalisasi dengan baik. Dan pegawai Dinas PSDA akan melanjutkan pengukuran areal yang akan dijadikan sebagai lokasi aliran sungai baru ini," katanya.

Normalisasi sungai lanjutnya, tidak hanya sebatas membuat aliran sungai baru saja, namun bahu sungai akan diperkokoh dengan batu penahan tebing.

Hal tersebut diperlukan sehingga tidak terjadi penggerusan daratan jika sewaktu-waktu intensitas aliran sungai meningkat.

Selain untuk meminimalkan banjir, normalisasi juga untuk mengamankan jalan kabupaten yang berada persis di bantaran sungai. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar