Hendrajoni serahkan paket sembako bagi warga Lengayang terdampak banjir

id Hendrajoni,Banjir di Lengayang

Bupati Hendrajoni menyerahkan paket sembako kepada korban banjir secara simbolis. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menyerahkan 300 paket sembako kepada masyarakat di Kecamatan Lengayang, daerah itu yang terdampak langsung banjir pada Jumat (30/11).

"Paket ini berisikan beras, minyak goreng dan kebutuhan dapur lainnya, semoga bisa meringankan mereka yang terdampak banjir," katanya usai menyerahkan paket sembako secara simbolis di kantor Nagari (Desa Adat) Kambang, Senin.

Ia menambahkan banjir yang terjadi merupakan yang paling parah sejak empat tahun terakhir dan berdampak pada 2.357 kepala keluarga.

Kepala keluarga itu menetap di enam nagari dari sembilan nagari yang ada di Lengayang. Nagari itu ialah Kambang, Kambang Utara, Kambang Timur, Lakitan Selatan, Lakitan Timur dan Lakitan tengah.

Paket tersebut akan diberikan kepada masyarakat yang mengalami dampak banjir paling parah.

Menurutnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun berdampak pada beberapa infrastruktur seperti terdapat beberapa meter aspal yang mengelupas, saluran air yang ambles dan lainnya.

"Kerusakan-kerusakan itu akan secepatnya kami perbaiki sehinga kegiatan masyarakat bisa kembali seperti biasa," katanya lagi.

Banjir tersebut juga menyebabkan sebanyak 136 pelajar di Sekolah Dasar Negeri 38 Seberang Tarok diliburkan karena sekolah mereka terendam banjir

Selanjutnya juga menyebabkan pelayanan di kantor Nagari Lakitan Tengah terganggu karena lumpur yang terbawa banjir mengotori kantor tersebut.

Sementara itu, warga setempat, Anton (45) mendorong bupati menuntaskan penyebab terjadinya banjir, salah satunya ialah penebangan liar.

Dengan begitu ia yakin banjir yang terjadi hampir setiap saat terjadinya hujan dengan intensitas tinggi bisa diminimalkan. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar