Raih posisi keempat, Pemkab Solok apresiasi prestasi atlet porprov meski anggaran terbatas

id Porprov sumbar,Koni solok,Gusmal

Bupati Solok Gusmal menyerahkan bendera kontingen Kabupaten Solok ke Ketua KONI setempat saat pelepasan atlet beberapa waktu lalu. (Antara sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat, mengapresiasi prestasi atlet yang bertanding pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV di Padang Pariaman dengan menempatkan daerah itu di peringkat keempat meski ada keterbatasan anggaran dalam persiapan.

"Saya sangat terkesima dari hasil perolehan para atlet Kabupaten Solok pada ajang Porprov XV. Karena keterbatasan anggaran, tidak mengurangi semangat para atlet untuk merebut peringkat ke empat," kata Bupati Solok Gusmal di Arosuka, Senin.

Gusmal juga mengaku salut dengan para pengurus cabang olahraga yang membiayai sendiri para atletnya secara mandiri untuk berangkat Porprov.

"Dulu, dengan kondisi yang rumit para atlet bisa berprestasi maksimal pada porprov 2016, semangat itu kembali diperlihatkan pada porprov kali ini,” katanya.

Ia mengatakan bagi atlet yang berprestasi akan diangkat jadi Tenaga Harian Lepas (THL) di Pemerintah Kabupaten Solok. Bagi atlet peraih medali emas pada Porprov kemarin akan diberi dengan bonus uang tunai sebesar Rp30 juta.

“Mengangkat THL ini adalah janji saya yang belum terpenuhi. Ini akan kami realisasikan. Sedangkan bonus bagi peraih emas akan direalisasikan di anggaran 2019. Semoga ini bisa memotivasi kontingen yang akan berlaga pada 2020 nantinya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Solok Rudi Horizon mengatakan walaupun adanya keterbatasan anggaran dalam mengikuti Porprov XV di Kabupaten Padang Pariaman, namun tidak menyurutkan semangat para atlet dalam merebut prestasi.

"Semangat latihan para atlet selama ini cukup memuaskan, mengingat target yang dipasang KONI Kabupaten Solok tembus di lima besar," katanya.

Ia menyebutkan Kabupaten Solok memperoleh 53 medali emas, 48 perak dan 71 Perunggu oleh para atlet yang berlaga pada 27 cabang olahraga. Pada Porprov XV ini daerah Kabupaten Solok naik tiga peringkat dibanding Porprov sebelumnya.

Rudi juga sangat mengapresiasi cabang olahraga yang berjuang habis-habisan demi prestasi daerah. Bahkan, banyak cabang olahraga yang membiayai sendiri keberangkatan sebagian atletnya karena keterbatasan anggaran KONI setempat.

Pada Porprov tahun ini, cabang olahraga gulat mendapat emas terbanyak, setidaknya dengan meraih sembilan emas, empat perak dan enam perunggu.

Lalu, Cabang Wushu dengan tujuh emas tujuh perak dan tujuh perunggu dan cabang atletik dengan tujuh emas, enam perunggu, juga memperkuat kontingen Kabupaten Solok dalam memperoleh prestasi.

"Prestasi Kabupaten Solok pada Porprov XV terbilang cukup bagus dibanding tahun lalu. Pada Porprov 2016, Kabupaten Solok saat itu hanya berada di urutan ke tujuh dengan lebih kurang 43 emas," ujarnya.

Rudi berharap walaupun prestasi pada Porprov ke XV meningkat seluruh atlet berbagai cabang olahraga tidak terlena dengan capaian yang diraih saat ini. Atlet harus tetap giat berlatih dan selalu tegar menerima hasil dari semua perjuangan. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar