Kampanye makan ikan diikuti 1.519 pelajar PAUD dan TK di Dharmasraya

id Adlisma

Kampanye makan ikan diikuti 1.519 pelajar PAUD dan TK di Dharmasraya

Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisma.  (ANTARASUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 1.519 pelajar tingkat PAUD dan TK di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, akan mengikuti festival makan sate ikan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-15 daerah itu dan kampanye makan ikan pada 7 Januari 2019.

"Insyaalah kita akan melaksanakan festival makan sate ikan nila sebanyak 15 ribu tusuk lebih," kata Sekretaris Daerah Dharmasraya, Adlisman di Pulau Punjung, Senin.

Di samping memperingati hari jadi Dharmasraya, tambah dia, kegiatan tersebut sekaligus menjadi bagian kampanye makan ikan untuk masyarakat Kabupaten Dharmasraya.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menilai budaya makan ikan harus dimulai sejak dini, maka dari itu pesertanya melibatkan pelajar PAUD-TK.

"Jika budaya makan ikan ini berkembang di kalangan anak usia dini mulai dari sekarang, maka kelak setelah dewasa mereka bisa memiliki badan yang sehat dan otak yang cerdas," ujarnya.

Ia mengatakan membudayakan makan ikan juga bagian dari menciptakan pengembangan usaha bagi pembudidaya perikanan

Sebab, ia menilai Kabupaten Dharmasraya memiliki potensi perikanan yang harus digali masyarakat guna meningkatkan perekomian.

"Kalau kita semua banyak makan ikan, maka permintaan akan meningkat. Saat permintaan banyak, pembudidaya tentu menjadi lebih bersemangat juga," ujarnya.

Sementara, Pelaksana Tugas Dinas Pangan Dan Perikanan Dharmasraya, Budi Waluyo menambahkan pihaknya terus mempersiapakan teknis kegiatan tersebut, sehingga saat pelaksanaan tidak menemui kendala.

"Panitia terus berkoordinasi, bagaimanapun melibatkan peserta yang jumlahnya mencapai ribuan harus memiliki rencana dan teknis yang baik, untuk itu terus kita matangkan sampai hari ini," ujarnya. (*)