Bonus Atlet Peraih Medali di Agam cair tahun depan

id atlet, agam, porprov,bonus

Bonus Atlet Peraih Medali di Agam cair tahun depan

Ketua Kontingen Kabupaten Agam Zarfinus Makmur (tiga dari kanan) memimpikan rapat evaluasi hasil Porprov XV Padang Pariaman di Aula Kantor KONI setempat, Sabtu (1/12). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada awal 2019 bakal mencairkan bonus bagi atlet yang meraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV di Padang Pariaman.

Ketua Kontingen Agam Zarfinus Makmur di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan, bonus itu berkemungkinan cair pada Februari 2019 dan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat terkait pencairan bonus itu.

"Kita akan mendatangi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga untuk membahas pencairan bonus pada Senin (3/12)," katanya saat rapat evaluasi hasil Porprov di Aula Kantor KONI setempat.

Ia menambahkan, dana bonus itu telah dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) 2019 sebesar Rp3,5 miliar.

Sementara besar bonus yang diserahkan belum ditentukan, namun pihaknya akan mengusulkan sesuai permintaan dari masing-masing cabang olahraga.

Cabang olahraga, tambah mantan anggota DPRD Agam itu, mengusulkan bonus Rp30 juta untuk setiap peraih emas, Rp20 juta untuk setiap peraih medali perak dan Rp10 juta untuk setiap peraih perunggu.

"Kita akan mengusulkan bonus itu kepada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat. Sebelumnya kita juga memberikan dana kaget bagi atlet meraih medali emas setelah selesai bertanding" tambahnya.

Pada Porprov tahun ini Agam memperoleh 44 medali emas, 40 medali perak dan 54 perunggu.

Seluruh cabang olahraga, diimbau untuk melaporkan perolehan medali ke kontingen atau KONI setempat, karena masih ada data yang belum masuk.

"Apabila tidak masuk data, maka bonus tidak akan cair sehingga atlet akan dirugikan," tegasnya.

Ketua Harian Perbakin Agam Akhiruddin berharap pemerintah setempat memberikan bonus atlet peraih medali emas Rp30 juta per orang, perak Rp20 juta per orang dan perunggu Rp10 juta per orang.

"Ini harus diakomodasi pemerintah karena perjuangan mereka cukup berat dan telah mengharumkan nama daerah," katanya yang juga Kaur Bin Ops Sat Binmas Polres Agam.

Pada Porprov XIV di Padang, pemerintah memberikan bonus peraih medali emas perorangan sebesar Rp20 juta, perak Rp7 juta, perunggu Rp3,5 juta. Peraih medali emas beregu mendapatkan Rp8 juta, perak Rp4 juta, perunggu Rp2 juta.

Sedangkan pelatih dan ofisial juga mendapatkan bonus Rp5,75 juta untuk emas, Rp3 juta untuk perak, Rp2 juta untuk perunggu. (*)