Pemkab Solok fokus kembangkan tiga objek wisata andalan

id gusmal

Pemkab Solok fokus kembangkan tiga objek wisata andalan

Bupati Solok, Gusmal (kanan) saat bersilaturahim dengan Kepala Perum LKBN Antara Biro Sumbar, Maswandi (kiri) di Arosuka, Kamis (29/11). (Antara/Tri Asmaini)

Fokus pembangunan adalah membenahi sarana prasarana di tiga objek wisata utama itu agar pengunjung nyaman selama berada di lokasi wisata
Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, pada 2018 fokus mengembangkan tiga objek wisata andalan yakni Alahan Panjang Resort di Danau Kembar, Dermaga Singkarak dan Puncak Gagoan, serta Taman Hutan Kota Wisata (THKW) di Arosuka.

"Fokus pembangunan adalah membenahi sarana prasarana di tiga objek wisata utama itu agar pengunjung nyaman selama berada di lokasi wisata," kata Bupati Solok, Gusmal di Arosuka, Sabtu.

Ia menjelaskan Alahan Panjang Resort yang berada di kawasan Danau Kembar telah dibenahi pada beberapa bagian, seperti adanya ruang pertemuan, homestay atau resort, tugu penamaan lokasi wisata, selanjutnya akan ada penambahan wahana air.

Lokasi ini sangat cocok, bukan hanya untuk destinasi wisata keluarga, juga mampu menampung acara kantoran atau perhimpunan organisasi hingga ratusan orang.

Fasilitas untuk menginap ada homestay, dan juga aula untuk pertemuan atau acara.

Sedangkan kawasan Dermaga Singkarak masih sebagian yang dibenahi seperti gerbang pintu masuk dermaga, tugu penamaan lokasi wisata, penataan pedagang kaki lima dan lainnya.

Namun lokasi ini sudah ramai pada setiap akhir pekan atau liburan, banyak pengunjung dari berbagai daerah yang menjadikan kawasan ini sebagai tujuan berlibur.

Sementara Taman Hutan Kota Wisata Arosuka telah dibenahi tempat parkir, tugu penamaan wisata, taman bunga dan wahana bermain anak.

Pengerjaan taman hutan kota wisata ini ditargetkan selesai pada 2019. Taman ini juga akan dilengkapi dengan kebun buah yang terhubung dengan Balai Pengembangan Teknologi Pertanian (BPTP).

Ia mengatakan jenis buah-buahan yang akan ditanam akan disesuaikan dengan iklim di Arosuka yang cukup dingin dan lembab.

Juga diutamakan jenis buah yang menjadi maskot atau ciri khas Kabupaten Solok seperti alpukat guguak atau markisa, dan jenis lain yang cocok di udara dingin.

"Kami telah menjalin kerja sama dengan BPTP dan pihak Kebun Buah Mekarsari, Jawa Barat untuk mendesain kebun dan taman yang sesuai dengan lokasi di Arosuka," kata dia.

Kawasan kebun buah ini juga akan dilengkapi dengan taman bunga yang berwarna-warni seperti bunga matahari agar serangga tidak menggangu tanaman buah. (*)