Dolar AS menguat kembali dipicu kemungkinan kenaikan suku bunga Desember

id Dolar As,Kurs Dolar As

Dolar AS menguat kembali dipicu kemungkinan kenaikan suku bunga Desember

Uang Dolar Amerika Serikat. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

New York, (Antaranews Sumbar) - Kurs dolar AS berbalik menguat atau "rebound" terhadap mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), karena Federal Reserve AS membangun kemungkinan kenaikan suku bunga pada Desember, seperti banyak diperkirakan oleh investor.

"Hampir semua peserta menyatakan pandangan bahwa peningkatan lain dalam kisaran target untuk suku bunga federal fund (FFR) kemungkinan akan dibenarkan segera, jika informasi yang masuk pada pasar tenaga kerja dan inflasi sejalan dengan atau lebih kuat dari ekspektasi mereka saat ini," kata risalah dari pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) 7-8 November, yang dirilis pada Kamis (29/11).

The Fed juga menekankan bahwa pihaknya akan mempertimbangkan untuk mengubah istilah "peningkatan bertahap lebih lanjut" dalam kisaran target untuk suku bunga federal fund, dalam upaya untuk menambah fleksibilitas lebih banyak bagi komite-komite pembuat kebijakan.

Pada pertemuan bulan ini, tingkat bunga acuan The Fed ditetapkan dalam kisaran 2-2,25 persen. Namun kemungkinan perubahan bahasa dalam pernyataan The Fed mendatang memunculkan kekhawatiran tentang apakah kenaikan sekitar triwulanan bank sentral akan berlanjut di 2019.

"Banyak peserta menunjukkan bahwa hal itu mungkin tepat pada beberapa pertemuan mendatang untuk memulai transisi ke bahasa pernyataan yang menempatkan penekanan lebih besar pada evaluasi data yang masuk dalam menilai prospek ekonomi dan kebijakan," kata risalah.

"Perubahan semacam itu akan membantu menyampaikan pendekatan fleksibel komite."

Pada akhir perdagangan New York, euro naik menjadi 1,1388 dolar AS dari 1,1376 dolar AS di sesi sebelumnya, dan pound Inggris turun menjadi 1,2782 dolar AS dari 1,2834 dolar AS di sesi sebelumnya. Dolar Australia naik menjadi 0,7319 dolar AS dari 0,7314 dolar AS.

Dolar AS dibeli 113,43 yen Jepang, lebih rendah dari 113,53 yen Jepang pada sesi sebelumnya. Dolar AS naik menjadi 0,9963 franc Swiss dari 0,9930 franc Swiss, dan naik menjadi 1,3274 dolar Kanada dari 1,3271 dolar Kanada. (*)