Delapan negara nyatakan ikuti serta Pariaman Internasional Triathlon 2018

id Pariaman Internasional Triathlon

Delapan negara nyatakan ikuti serta Pariaman Internasional Triathlon 2018

Sejumlah atlet Triathlon bersiap berenang pada kategori Elite Men, Pariaman International Triathlon 2016 di Pantai Cermin, Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu (5/11). (Antara)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak delapan negara ikut serta pada penyelenggaraan Pariaman Internasional Triathlon yang digelar 1 hingga 2 Desember 2018 oleh pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat.

"Delapan negara yang telah mengonfirmasi yaitu Prancis, Amerika Serikat, Jepang, India, Australia, Malaysia, New Zealand dan Indonesia sebagai tuan rumah," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan keikutsertaan berbagai negara tersebut diharapkan mampu terus memacu sektor pariwisata Pariaman ke tingkat mancanegara.

"Even Pariaman internasional triathlon ini rutin dilaksanakan oleh pemerintah daerah sejak beberapa tahun terakhir, sebagai upaya mendatangkan lebih banyak wisatawan," kata dia.

Secara umum lanjut dia, pemerintah Kota Pariaman sudah siap menjadi tuan rumah dengan berbagai penyediaan fasilitas serta lokasi para atlet berlaga.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pariaman, Elfis Candra mengatakan pelaksanaan even tersebut terbagi atas tiga kategori yaitu triathlon, duathlon dan executif relay triathlon.

Untuk kategori triathlon ujarnya, para peserta harus berenang sejauh 1.500 meter, bersepeda 40 kilometer dan berlari 10 kilometer. Kemudian duathlon atau khusus pelajar yaitu berlari 15 kilometer dan bersepeda 40 kilometer.

Sedangkan kategori executif relay triathlon atau khusus bagi pejabat dan pengusaha para peserta harus berenang sejauh 50 meter, bersepeda 10 kilometer dan berlari 2,5 kilometer.

"Penyelenggaraan Pariaman internasional triathlon 2018 berbeda dari tahun sebelumnya, karena ada kategori khusus bagi pejabat dan pengusaha untuk memeriahkan even," ujarnya.

Untuk target peserta pihak panitia menetapkan sebanyak 200 orang kategori triathlon atau umum dan 100 kategori pelajar. Namun, khusus umum pendaftaran telah ditutup, katanya.

Pariaman internasional triathlon ujar dia, merupakan salah satu upaya pemerintah daerah memacu kunjungan wisatawan melalui wisata berbasis olahraga. (*)