Potensi banyak, Pesisir Selatan akan fokus kembangkan pariwisata minat khusus

id Mawardi Roska

Potensi banyak, Pesisir Selatan akan fokus kembangkan pariwisata minat khusus

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Mawardi Roska. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Wisata saat ini tidak seperti yang dibayangkan masyarakat seperti adanya jembatan mewah yang dibangun dengan anggaran puluhan miliar rupiah, wahana air bertingkat dan lainnya, namun kegiatan-kegiatan masyarakat yang dikerjakan setiap hari bisa ditawa
Painan, (Antaranews Sumbar) - Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan fokus mengembangkan pariwisata minat khusus, karena daerah itu kaya akan berbagai lokasi wisata minat khusus, namun belum dikemas secara maksimal, kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat, Mawardi Roska.

"Alam Pesisir Selatan menyuguhkan semuanya mulai dari perairan yang luas, banyaknya pulau, pantai yang indah, air payau, sawah hingga perbukitan dan lokasi bisa dijadikan sebagai tempat wisata minat khusus yang akan sangat diminati wisatawan," kata dia di Painan, Kamis.

Ia mencontohkan, saat daerah setempat memasuki musim durian, maka masyarakat bisa menawarkan paket wisata menunggu buah durian jatuh dari pohonnya.

Selain itu masyarakat juga bisa menawarkan paket wisata menangkap ikan menggunakan pukat tepi, dan kegiatan menarik lainnya.

"Wisata saat ini tidak seperti yang dibayangkan masyarakat seperti adanya jembatan mewah yang dibangun dengan anggaran puluhan miliar rupiah, wahana air bertingkat dan lainnya, namun kegiatan-kegiatan masyarakat yang dikerjakan setiap hari bisa ditawarkan menjadi paket wisata dan itu cukup diminati," katanya lagi.

Bahkan ungkap Mawardi, belakangan kenalannya di kota besar meminta dirinya untuk mencarikan masyarakat yang menawarkan jasa wisata membajak sawah menggunakan kerbau.

"Bagi masyarakat di kampung memang kegiatan itu lumrah namun bagi masyarakat kota kegiatan itu unik bahkan mereka siap berlumur lumpur untuk menikmati kegiatan tersebut," ujarnya.

Menurut dia, wisatawan yang tertarik dengan wisata minat khusus biasanya adalah orang-orang yang berasal dari kota-kota besar yang ingin melepaskan rutinitasnya yang menjenuhkan.

Mereka biasanya beriwisata dengan total mulai karena ingin merasakan dan menikmati aktifitas masyarakat di kampung secara langsung dan juga tidak terlalu hitung-hitungan masalah biaya yang dikeluarkan.

Sementara itu, seorang pelaku pariwisata di Painan, Kecamatan IV Jurai, Aciak (45) mengaku aktif menawarkan paket wisata khusus sejak beberapa tahun terakhir. dan ia mengaku setiap bulannya ada saja wisatawan yang meminatinya.

Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung negosiasi antara ia dan wisatawan yang meminati paket wisata yang ditawarkan.

Sumatera Barat adalah provinsi yang memiliki potensi pariwisata yang amat banyak dan beragam, hampir pada 19 kabupen dan kota di daerah itu. Promosi dilakukan dengan tagline "Taste of Padang,".(*)