Padang Panjang kenalkan budaya daerah lewat mural

id Mural,Mural budaya daerah

Padang Panjang kenalkan budaya daerah lewat mural

Lomba melukis mural tiga dimensi. (Antara Sumbar/ Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mengenalkan budaya daerah setempat melalui lomba melukis mural tiga dimensi yang dilaksanakan di Kelurahan Balai-balai, Selasa.

Acara yang diselenggarakan di RT 22 dan RT 9 Kelurahan Balai-balai itu sekaligus untuk menyambut dan memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) ke-228 Padang Panjang.

Ketua RT 22 Kelurahan Balai-balai Yusirwan di Padang Panjang, Selasa, mengatakan lewat lomba melukis mural dapat menyalurkan bakat seni yang ada di tengah masyarakat khususnya generasi muda.

"Temanya budaya Padang Panjang, maka bisa sekaligus mengenal budaya daerah. Berkreasi menyalurkan minat dan bakat melukis sambil mengenal budaya," ujarnya.

Menurut Yusirwan dengan adanya mural di rt tersebut diharapkan dapat menambah daya tarik di lingkungan karena adanya warna-warni dari lukisan sehingga dapat pula menjadi tujuan wisata baru.

"Karena peluang itu, rasanya kelurahan lain juga dapat ikut menghias lingkungannya dengan mural yang menarik namun tetap mengangkat keelokan budaya daerah agar makin lekat dengan masyarakat khususnya generasi muda," katanya.

Di lomba melukis mural, karya yang dinilai paling menarik diberi hadiah uang tunai Rp5 juta, pemenang ke dua Rp3 juta dan pemenang ke tiga Rp1 juta. (*)