Perusahaan jasa penerangan tenaga surya dukung pariwisata Pariaman

id pariaman,pariwisata,investasi,tenaga surya,penerangan

Perusahaan jasa penerangan tenaga surya dukung pariwisata Pariaman

Direktur PT. ALS Akhmad Syarif H (kiri) memaparkan konsep jasa penerangan bertenaga surya kepada para pejabat di Pariaman. (AntaraSumbar/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - PT. Alfa Light System (ALS) yang bergerak pada jasa penerangan bertenaga surya akan berinvestasi di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), untuk mendukung sektor pariwisata di daerah itu.

"PT ALS akan melakukan penerangan pada tempat-tempat yang tidak teraliri sambungan listrik oleh PLN terutama objek wisata," kata Direktur PT. ALS Akhmad Syarif H, di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan jika pihaknya telah mendapatkan kesepakatan dengan pemerintah Kota Pariaman, maka langkah awal yang dilakukan yaitu pemasangan demo light pada landmark Pulau Angso Duo.

"Selain di landmark Angso Duo, kami juga berencana memasang penerangan beberapa kapal penyeberangan ke pulau tersebut dengan biaya mencapai Rp200 juta," kata dia.

Ia menjelaskan pada tulisan landmark Angso Duo dan kapal wisata akan dipasang penerangan Light Emitting Diode (LED) strip, sehingga lebih menarik bagi pengunjung ke daerah itu.

"Jadi konsepnya kapal wisata penyeberangan di Pariaman seperti di Ancol karena menggunakan LED Strip," kata dia.

Selain berencana memasang penerangan bertenaga surya di Pulau Angso Duo dan kapal wisata, pihaknya juga melakukan hal yang sama pada lokasi kawasan kuliner, dermaga dan tempat lainnya.

Pihaknya menilai sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Provinsi Sumbar, Kota Pariaman harus bisa menciptakan peluang kreatif agar menarik wisatawan.

Menurutnya Kota Pariaman sudah memiliki objek wisata yang baik, hanya saja pada saat malam hari penerangan kurang maksimal sehingga aktivitas menjadi terbatas.

Sementara itu Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan pemerintah daerah akan mencoba demo light yang dibuat oleh PT. ALS tersebut.

"Tentunya ini kami sambut dengan baik, apalagi menyangkut percepatan pembangunan dan kemajuan sektor pariwisata daerah," katanya.

Pihaknya juga menyakini ketertarikan para investor untuk menanamkan modal di daerah itu dapat mendorong perekonomian masyarakat dan sektor pariwisata Pariaman (*)