Kampung KB Kubu Gadang masuk penilaian PKK-KKBPK Kesehatan

id TPP-KKBPK Kubu Gadang

Kampung KB Kubu Gadang masuk penilaian PKK-KKBPK Kesehatan

Penyambutan tim penilai PKK-KKBPK di Padang Panjang. (Antara Sumbar/ Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Kampung Keluarga Berencana (KB) Kubu Gadang di Kelurahan Ekor Lubuk Padang Panjang masuk dalam penilaian Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (PKK-KKBPK), Sumatera Barat.

Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul di Padang Panjang, Senin, mengatakan KKBPK merupakan bentuk program kerja Tim Penggerak PKK bersama Dinas Sosial PPKBP3A setempat.

Program tersebut merupakan bentuk usaha dalam menyukseskan program keluarga berencana nasional dan pembangunan kesehatan masyarakat.

Menurutnya kegiatan itu dinilai efektif dalam menyukseskan program keluarga berencana dan kesehatan masyarakat di lingkup kecamatan dan kelurahan.

"Kampung KB Kubu Gadang bisa masuk penilaian salah satunya karena peran kader. Penilaian di tingkat Sumbar bisa menjadi motivasi bagi para kader dalam meningkatkan pelayanan bagi masyarakat di kelurahan," katanya.

Ketua DPRD setempat, Novi Hendri menambahkan keberadaan kampung KB dan keaktifan para kader diharapkan dapat menekan angka lonjakan penduduk dan meningkat taraf kesehatan masyarakat.

Ia memberikan apresiasi pada para kader yang telah berpartisipasi membangun dan memelihara kampung KB sehingga bisa masuk dalam penilaian di tingkat provinsi.

"Dengan angka kelahiran yang rendah atau terkontrol, diharapkan kualitas hidup masyarakat dapat lebih baik lalu Padang Panjang bisa mewakili Sumbar di tingkat nasional," katanya. (*)