Kemdikbud identifikasi keberadaan dan kualifikasi guru honorer di sekolah-sekolah

id kemdikbud

Kemdikbud identifikasi keberadaan dan kualifikasi guru honorer di sekolah-sekolah

Kemdikbud. (Antara)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sedang melakukan sensus untuk mengidentifikasi keberadaan, kebutuhan dan kualifikasi guru honorer yang ada di sekolah-sekolah.

"Guru honorer ini kan kita akan lihat, apakah dia S1, D4, apakah dia hanya SMA, ini yang kita sedang lihat dulu nih, kalau nanti hasil mapping (pemetaan) yang sekarang ini baru ketahuan," kata Direktur Pembinaan SMP Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud Supriano usai upacara peringatan Hari Guru Nasional 2018 di halaman kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Senin.

Supriano mengatakan dari pemetaan itu, maka akan dapat diketahui jumlah guru honorer yang sudah S1, D4 dan lama mereka mengajar di sekolah itu. "Ini kan kita akan analisis, ini yang sedang kita lakukan sensus," lanjutnya.

Dia menuturkan saat ini, ada sekitar 735.825 guru honorer di sekolah negeri di Indonesia. "Nah inilah sekarang lagi dilihat, benarkah mereka ada di situ, berapa jam mereka mengajar di sekolah itu. Bisa saja mereka cuma mengajar satu jam, dua jam, atau tiga jam, atau 24 jam, ini kan harus disensus," tuturnya.

Dia menuturkan pihaknya saat ini sedang bekerja untuk mengidentifikasi data lebih detail terkait keberadaan guru honorer untuk membuat kebijakan sesuai kebutuhan.

"Kita sekarang mau bekerja berdasarkan data lapangan dulu ya. Nanti kalau sudah ada data lapangan itu nanti akan jadi kebijakan, nanti kita lihat berikutnya ya. Ini yang penting kita punya data by name, by jam, by school, kalau sudah lengkap itu mungkin bisa jadi bahan kebijakan," ujarnya. (*)