Gusmal harapkan guru ikuti perkembangan Zaman

id Hari Guru

Bupati Solok, Gusmal menyalami salah satu guru yang membuat karya tulis buku. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Tim berjuluk "Keledai Terbang" itu, yang memiliki catatan pertahanan terburuk di Liga Italia dengan kemasukan 30 gol dari 13 pertandingan, bertahan dengan gagah berani dan juga memiliki peluang yang membentur tiang gawang dari Joel Obi pada babak per
Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok mengharapkan guru di daerah setempat dapat mengikuti perkembangan zaman agar dapat menyesuaikan cara mengajar dengan pola tingkah laku siswa pada zaman sekarang.

"Para guru benar-benar harus menjadi insan yang cendekia, dan menyesuaikan cara mengajar dengan zaman era digitalisasi seperti sekarang," kata Bupati Solok Gusmal saat memperingati hari guru nasional dan HUT PGRI yang ke 73 di Dermaga Danau Singkarak, Minggu (25/11).

Ia mengatakan memasuki era digitalisasi, ke depannya peran guru akan berubah menjadi fasilitator bagi anak-anak didiknya dalam meningkatkan kompetensi. Jadi, guru hendaknya dapat menyesuaikan diri dengan cara mengajar masa sekarang.

"Guru harus selalu mengupgrade atau meningkatkan kapasitas diri agar tidak tertinggal dengan perkembangan zaman," ujarnya.

Gusmal juga berharap guru di daerah setempat yang tetap bekerja keras dan ikhlas dalam mendidik dan memberikan sumbangsih pemikiran di dunia pendidikan.

"Kami berharap guru di Solok semakin kreatif dan banyak memberikan ide baru untuk memajukan dunia pendidikan," sebutnya.

Sementara Ketua PGRI Kabupaten Solok Asrinur, mengatakan pada peringatan hari guru tersebut akan ada parade 97 judul buku dari hasil karya Kabupaten Solok menulis, karya terbesar dari para guru di daerah setempat.

"Para guru harus siap dengan perkembangan zaman yang serba digital saat ini, yang dituntut serba cepat dan harus sadar teknologi," katanya.

Dalam era revolusi industri 4.0, sistem pendidikan nasional dihadapkan pada tantangan yang amat kompleks tetapi menarik. Guru dituntut untuk cepat beradaptasi dan dapat memghadapi tantangan tersebut.

Acara juga dihadiri anggota DPD RI Novi Chandra, Wakil ketua DPRD Kabupaten Solok Septrismen, Kepala Dinas Pendidikan setempat Zulkisar, dan lainnya. (*)
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar