Kapolres Dharmasraya ajak masyarakat kedepankan musyawarah selesaikan masalah

id Imran Amir

Kapolres Dharmasraya, AKBP Imran Amir memberikan sambutan saat silaturahim dan temu ramah Kapolres dengan Forum Kumunikasi Pimpinan Kecamatan dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Sitiung, di Gedung Pertemuan Umum (GPU) setempat, Jumat (23/11). (ANTARASUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Kapolres Dharmasraya, Sumatera Barat, AKBP Imran Amir mengajak masyarakat setempat untuk mengedepankan musyawarah dalam setiap penyelesaian masalah agar tercipta ketertiban, keamanan dan kerukunan di wilayah masing-masing.

"Jangan sedikit-sedikit ada masalah buat laporan polisi, tidak begitu," katanya di Pulau Punjung, Jumat.

Hal itu disampaikan Kapolres saat menggelar silaturahim dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Sitiung di Gedung Pertemuan Umum (GPU) setempat.

Menurutnya tidak semua masalah harus di bawa ke ranah hukum, mengedepankan upaya mediasi yang difasilitasi pemerintah nagari dan pemangku adat perlu dilakukan.

"Namun perlu digarisbawahi kasus-kasus yang dapat diselesaikan secara musyawarah, misalnya perselisihan antarkeluarga, persoalan rumah tangga, dan lain sebagainya," ujarnya.

Meski demikian, tegas dia untuk perkara tertentu seperti penganiayaan, perampokan, dan peredaran narkoba tetap diselesaikan secara hukum.

"Kalau kasusnya besar tidak perlu lagi musyawarah, saya pastikan diselesaikan secara hukum yang berlaku," tegasnya.

Ia berharap dukungan serta saran semua pihak dalam menjalankan tugas di Dharmasraya, dengan tetap menegakkan hukum yang berkeadilan sosial, bahwa yang kurang baik akan diperbaiki, dan yang telah baik akan terus dipertahankan.

Dalam kesempatan itu, ia akan berusaha terbuka dengan seluruh masyarakat, pejabat pemerintah, pemangku kepentingan untuk memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah tetap kondusif.

"Sebagai pejabat baru silaturahmi hari ini merupakan ajang menerima masukan, saran dari masyarakat. Acara seperti ini akan dilaksanakan seterusnya," tambahnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar