Dewan Masjid Indonesia berkomiten bangun masjid di daerah terkena bencana

id Masjid,Dewan Masjid Indonesia,Masjid di daerah bencana

Dewan Masjid Indonesia berkomiten bangun masjid di daerah terkena bencana

Kondisi masjid Akhram Babul Rahman rusak akibat gempa dan tsunami yang terjadi satu pekan lalu di Palu, Sulawesi Tengah,Jumat (5/10). Masjid terapung tersebut merupakan icon kota Palu yang terletak di pantai bumi bahari.ANTARA FOTO/Akbar Tado/hp/18.

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia terus berkomitmen dalam penanggulangan bencana alam berupa gempa bumi di Lombok serta gempa bumi, tsunami, likuifaksi di Sulawesi Tengah, dengan membangun masjid-masjid semi permanen di wilayah terpapar bencana.

Ketua PP DMI Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi yang juga Wakil Ketua Steering Committee (SC) Rakernas I DMI diselenggarakan pada 23-25 Nopember dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat, menyebutkan Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI Komisaris Jenderal Polisi (Pol) Drs. H. Syafruddin, M.Si., menyampaikan komitmen PP DMI tersebut dalam Rapat Pengurus Harian PP DMI di Kantor DMI, Jakarta Selatan, Kamis (22/11) malam.

"Sebagai bentuk komitmen itu, PP DMI berencana akan membangun masjid-masjid semi permanen di wilayah bencana. Tujuannya agar warga terdampak bencana dapat melakukan ibadah dengan baik dan khusyuk, " tutur Syafruddin yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI itu sebagaimana dikutip Natsir.

Untuk pembangunan masjid-masjid permanen, lanjutnya, DMI telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Yayasan Posko Kemanusiaan Peduli Umat (PKPU) Human Initiative (HI).

"Selain itu, beberapa lembaga dan instansi di dalam dan luar negeri telah berkomitmen untuk membantu penanggulan bencana, seperti Riyadh Bank, Nur Rima Al-Waali (NRA) Foundation, dan Pemerintah Kota Tangsel," katanya.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, S.H., M.H., M.Kn., baru-baru ini menyerahkan bantuan senilai Rp1.027.000.000 dari masyarakat Kota Tangerang Selatan kepada Waketum PP DMI Komjem (Pol) Syafruddin.

Dalam prosesi penyerahan bantuan itu, Komjen Syafruddin didampingi oleh Waketum PP DMI Drs. KH. Masdar Farid Mas'udi, M.Si., Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI Drs. H. Imam Addaruquthni, M.Si., dan Ketua Pimpinan Daerah (PD) DMI Kota Tangerang Selatan Drs. H. Heli Slamet Soemardi.