Irwan Prayitno: perlu dibentuk Badan Kerja Sama Gubernur se-Sumatera

id Rakor Gubernur se-Sumbar,Irwan Prayitno

Irwan Prayitno: perlu dibentuk Badan Kerja Sama Gubernur se-Sumatera

Kepala Badan Perecanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Riau Rahmad Rahim (kiri) menerima cinderamata dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (kanan) saat memimpin Rakor Gubernur Se- Wilayah Sumatera, di Padang, Sumatera Barat, Kamis (22/11/2018). Rapat tersebut bertemakan Pembangunan Insfrastruktur Mendukung Pariwisata dan Pembangunan Regional Sumatera yang berlansung dari 21 sampai 23 November 2018. ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/pd.

Padang, (Antaranews Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengusulkan perlu dibentuknya sebuah badan kerja sama gubernur se-Sumatera untuk memudahkan koordinasi dalam pelaksanaan pembangunan wilayah.

Hal itu ia sampaikan dalam rapat koordinasi gubernur se-Sumatera dengan tema Pembangunan Infrastruktur Mendukung Pariwisata dan Pembangunan Regional Sumatera yang dilaksanakan di Padang, Kamis.

Menurutnya melalui badan kerja sama gubernur, kegiatan seperti koordinasi atas program yang melibatkan dua wilayah atau lebih, evaluasi maupun bentuk persoalan lain di Sumatera dapat berjalan efektif.

Usulan itu ia sampaikan berkaitan dengan saran dari beberapa perwakilan dari beberapa propinsi agar rumusan yang dihasilkan dalam rakor sesegera mungkin ditindaklanjuti sehingga membuahkan hasil.

"Usulan dibentuk badan kerjasama tidak disepakati sekarang karena perlu dibahas oleh gubernur bersama Bappeda. Setelah ini ada rakortek, baru kita putuskan," ujarnya.

Ia menyebutkan di rapat koordinasi gubernur se-Sumatera sebelumnya telah menghasilkan sejumlah usulan dari gubernur tiap propinsi yang telah dibahas bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di tiap propinsi.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan kali ini, lebih menekankan pembahasan usulan pada empat hal yaitu konektivitas darat, laut dan udara, promosi pariwisata secara bersama.

"Misalnya melalui iven Tour de Singkarak (TdS), Jambi usul tahun depan akan ikut. Silakan daerah lain agar ikut terlibat atau menyelenggarakan acara sendiri," ujarnya.

Selanjutnya penyediaan industri hilir terutama untuk komoditas sawit, karet dan gambir agar harga dapat dikendalikan dan pembangunan infrastruktur. (*)