LAN dorong munculnya berbagai inovasi pelayanan publik di Pesisir Selatan

id Lokakarya LAN

LAN dorong munculnya berbagai inovasi pelayanan publik di Pesisir Selatan

Lokakarya LAN yang diikuti seratusan pejabat Pesisir Selatan. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Lembaga Administrasi Negara (LAN) mendorong munculnya berbagai inovasi pelayanan publik di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat melalui lokakarya yang diikuti seratusan pejabat setempat. Rabu.

"Inovasi dalam pelayanan penting karena hal itu merupakan salah satu faktor penunjang pembangunan berkelanjutan," kata Kepala Pusat Inovasi Pelayanan Publik, LAN, Sudardi saat menjadi narasumber pada kegiatan itu di Painan.

Menurutnya, inovasi bukanlah hal yang berat karena yang dibutuhkan hanya semangat menjalankannya. Namun dengan inovasi akan mempersingkat layanan sehingga lebih efektif.

Ia menyebutkan inovasi lahir dari ide kecil, namun akan berdampak besar jika dijalankan dengan semangat yang tinggi.

"Sesuai rencana lokakarya akan dilaksanakan selama tiga hari, dan semoga ke depan muncul inovasi pelayanan publik berkualitas di Pesisir Selatan," katanya lagi.

Sementara itu, Asisten III Sekretariat Kabupaten Pesisir Selatan, Rusdianto menyebutkan lokakarya yang digelar bersama LAN merupakan lanjutan dari penandatanganan nota kesepahaman yang ditandatangani pada 13 September 2018.

Melalui lokakarya ia berharap pejabat daerah setempat ke depan memiliki inovasi yang cemerlang dalam pelayanan publik.

Sebelumnya sudah ada beberapa inovasi pelayanan publik yang lahir di Pesisir Selatan seperti di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yakni mendatangi warga dalam mengurus dokumen kependudukan, berikutnya antrean online di RSUD M Zein, dan banyak lainnya.

Dengan kegiatan ini pihaknya berharap ke depan muncul inovasi yang lebih banyak dan lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

"Melalui kegiatan ini selain akan lahir banyak inovasi yang akan memudahkan masyarakat, pejabat juga mampu mendokumentasikan hingga melaksanakannya dengan baik," ujarnya. (*)