Porprov Sumbar jaring atlet untuk PON 2020

id Porprov sumbar 2018,Porprov di padangpariaman,Irwan prayitno

Porprov Sumbar jaring atlet untuk PON 2020

Kontingen Padang Pariaman, Sumbar melambaikan topi saat parade kontingen pada pembukaan Pekan Olahraga Provinsi XV di GOR Sungai Sariak, Senin Malam. (ANTARA SUMBAR / Aadiaat M.S)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV Sumatera Barat (Sumbar) di Kabupaten Padang Pariaman yang diselenggarakan dari 19 hingga 29 November bertujuan untuk menjaring atlet berbakat guna mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua pada 2020.

"Porprov ini diselenggarakan dua tahun sekali sebagai ajang mencari bibit," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat membuka Porprov XV di Gelanggang Olahraga Sungai Sariak, Padang Pariaman, Senin malam.

Ia mengatakan Porprov tersebut merupakan ajang evaluasi untuk melihat potensi atlet di daerah itu sehingga dapat dikirimkan ke Papua guna mengikuti PON XX.

Oleh karena itu, lanjutnya atlet yang terjaring dari Porprov tersebut akan langsung dilatih pemerintah daerah melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Cepatnya jadwal latihan bertujuan untuk mendapatkan atlet-atlet terbaik untuk PON dan mengikuti Pekan Olahraga Wilayah Sumatera tahun besok di Bengkulu.

Ia juga mengatakan ajang olahraga tersebut juga dimanfaatkan untuk silaturahim antar atlet, pelatih, dan pejabat pemerintahan di Sumbar.

Sementara itu, Ketua KONI Pusat, Tono Suratman mengharapkan Porprov XV Sumbar dapat menjaring atlet untuk dikirimkan pada even tingkat internasional.

"Kami mengharapkan atlet Sumbar dapat memperkuat kontingen Indonesia," katanya.

Ia menyebutkan even tersebut yaitu SEA Games 2019 dan Olimpiade 2020.

Ketua Umum Pelaksana Porprov XV Sumbar, Ali Muhkni menyebutkan pada pekan olahraga tersebut diikuti oleh 7.275 atlet dan pelatih 990 orang.

"Jadi totalnya adalah 8.265 orang," ujarnya.

Ia mengatakan ada beberapa perbedaan pelaksanaan porprov tersebut dengan yang sebelumnya yaitu adanya lagu tema pekan olahraga dan sistem informasi perolehan medali berbasis informasi teknologi.

Untuk menginformasikan hasil medali yang diperoleh atlet tersebut pihaknya menggunakan sistem medali dan hasil yang dapat diakses melalui komputer dan gaway di porprov.padangpariamankab.go.id.

"Di sana lengkap, ada berita, galeri foto, perolehan medali, dan siapa yang memperolehnya," kata dia.

Di website tersebut, lanjutnya juga terdapat lokasi penginapan atlet berupa peta sehingga kontingen tidak akan tersesat. (*)