Padang Pariaman persiapkan venue porprov sebagai objek wisata

id Objek Wisata Padang Pariaman,Venue Porprov

Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni (tengah) melambaikan tangan menyapa atlet di lokasi paralayang yang akan dimanfaatkan sebagai objek wisata di Gunung Kanter, Nagari Sungai Buluah Selatan, Kecamatan Batang Anai. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat MS)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, mempersiapkan venue pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV untuk objek wisata sehingga arena untuk pertandingan tersebut dapat dimanfaatkan meski ajang olahraga per dua tahun di daerah itu usai.

"Venue yang dibangun dan bisa dimanfaatkan untuk pariwisata tersebut yaitu venue paralayang di Gunung Kanter, Nagari Sungai Buluah Selatan, Kecamatan Batang Anai," kata Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni di Parit Malintang, Senin.

Ia mengatakan selesai Porprov pihaknya akan melanjutkan pembangunannya dan melaksanakan even paralayang atau pun gantole baik taraf nasional maupun internasional.

Menurutnya lokasi yang dijadikan venue paralayang dan gantole tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi pariwisata.

Karena di lokasi terlihat aktivitas terbang dan turunnya pesawat di Bandara Internasional Minangkabau serta pemandangan laut dan hamparan hutan.

"Bahkan menurut PB Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) lokasi ini merupakan yang terbaik untuk paralayang," katanya.

Ia menyatakan pihaknya akan merumuskan apakah venue yang akan dijadikan objek wisata itu di kelola oleh nagari atau masyarakat setempat.

"Namun apapun keputusannya warga setempat pasti kita ikut sertakan," ujarnya.

Ia menyatakan saat ini pihaknya lebih fokus untuk pengembangan infrastruktur baik di lokasi venue dan akses jalan.

Dalam pengembangan insfrakturtur tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menentukan apa yang diperlukan untuk pengembangan tersebut.

"Melalui rapat kita susun perencanaan utamanya sehingga terlihat baik dan megah," kata dia.

Lokasi tersebut cukup strategis yaitu berada dekat dengan Jalan Raya Padang -Bukittinggi dengan jarak sekitar 1,5 kilometer. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar