Wabup Solok : Pembangunan daerah jangan hanya pembangunan fisik

id Pembangunan

Wabup Solok : Pembangunan daerah jangan hanya pembangunan fisik

Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin (memakai baju biru) saat memberi arahan saat musrenbang. (Ist) (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Solok, Sumatera Barat, Yulfadri Nurdin mengatakan bahwa pembangunan di daerah jangan hanya pembangunan fisik tapi juga pembangunan karakter generasi muda guna memajukan dan menjadikan daerah yang berkualitas.

"Pembangunan tidak hanya berbentuk fisik, tetapi juga membangun generasi muda yang berkarakter untuk menjadikan daerah yang berkualitas," katanya saat membuka musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) Nagari Koto Gadang Anau, Lembang Jaya, Kamis (15/11).

Karena pembangunan mental dan karakter lebih sulit dibanding pembangunan infrastruktur. Jika karakter dan mental masyarakat sudah baik mudah untuk mengarahkan untuk memajukan daerahnya.

"Lakukan pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat yang seimbang dan baik, sehingga ada keseimbangan pembangunan," katanya.

Dalam pembangunan ini nagari memiliki empat sumber dana, (dana nagari, kabupaten, propinsi dan pusat)

Selain itu, nagari juga dapat melakukan pendekatan yang baik dengan seluruh elemen yang menunjang dan membantu dalam pembangunan nagari ini, seperti perantau.

Ia mengatakan agar perangkat nagari merumuskan kebutuhan nagari, dan prioritaskan hal yang memang dirasa perlu untuk masyarakat sehingga musrenbang nantinya berjalan lancar dan sesuai kebutuhan.

Karena pembangunan suatu daerah atau nagari akan berdampak dalam menunjang peningkatan perekonomian.

"Tetap jaga semangat gotong royong dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat sebagai bentuk wujud kepedulian pada lingkungan dan sesama sehingga pembangunan cepat selesai," ujarnya.

Hasil dari musyawarah ini nantinya diharapkan mampu menjadikan daerah ini menjadi lebih baik, ujarnya.

Acara juga dihadiri Camat Lembang Jaya, Ricky Carnova, Wali Nagari se Kecamatan Lembang Jaya, dan Forkopimcam beserta Tokoh Masyarakat Lembang Jaya.*