BPJS Ketenagakerjaan lindungi 472 atlet Porprov XV Kota Solok

id BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan lindungi 472 atlet Porprov XV Kota Solok

Wali Kota Solok Zul Elfian foto bersama dengan Kepala BPJS ketenagakerjaan Cabang Solok Iskandar beserta para Atlet Kota Solok usai menyerahkan kartu jaminan sosial dan santunan kecelakaan kerja kepada atlet yang cedera saat latihan, di Solok, Kamis malam. (cc)

Solok, (Antaranews Sumbar) - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok, resmi menggandeng Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Solok untuk memberikan jaminan sosial kepada 472 Atlet yang akan bertanding pada Pekan olah raga Provinsi (Porprov) Sumbar XV.

"Kerja sama dengan KONI ini tidak hanya mencakup para atletnya saja, namun juga termasuk pelaku olah raga lainnya seperti pembina olahraga serta Pengurus KONI dengan total sebanyak 472 orang", kata Kepala BPJS ketenagakerjaan Solok Iskandar, saat di hubungi di Solok, Jumat.

Dia mengatakan, Perlindungan yang akan diterima oleh atlet yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian.

Dalam kerjasama itu katanya, BPJS Ketenagakerjaan akan menjamin perawatan atlet saat mengalami cedera.

Selain itu jika cederanya tidak bisa sembuh maka BPJS Ketenagakerjaan akan membantu penanganannya hingga bisa beraktifitas kembali.

BPJS ketenagakerjaan cabang Solok wilayah kerjanya ada enam Kabupaten/Kota yaitu Kota Solok dan Sawahlunto serta, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Sijunjung dan Dharmasraya.

Untuk saat ini baru atlet Kota Solok yang diberikan jaminan sosial sedangakan Sawahlunto sama Sijunjung akan menyusul.

Sampai saat ini satu orang atlet Kota Solok sudah menerima manfaat dari jaminan sosial ini yaitu atlet panahan atas nama Robi Anggriadi sebesar Rp8 juta.

"Santunan ini diberikan pada atlet panahan yang mengalami kecelakaaan kerja saat latihan," ujarnya.

Dia berharap, dengan perlindungan ini atlet kota Solok bisa bertanding dengan maksimal sehingga mendapat prestasi sebaik-baiknya.

Sebelum resmi dibuka pada 19 November 2018 beberapa cabang olahraga sudah mulai bertanding dan saat ini tiga daerah sudah mulai mengumpulkan pundi-pundi medali emas.

Tiga daerah tersebut yaitu Kabupaten Padang Pariaman dengan dua medali emas, Kota Padang satu emas, dan Bukittinggi satu emas.

Mendali emas yang diperoleh Padang Pariaman dari cabang olahraga soft tenis single putra dan single putri atas nama Rizky Syahputra dan Dwi Rahayu Putri.

Sedangkan Kota Padang meraih medali emas dari cabang olahraga basket 3 x 3 putra, dan Kota Bukittinggi mendapatkan emas dari cabang olahraga basket 3 x 3 putri. (*)