Sumbar dan tiga kabupaten/kota masuk nominasi Inovatif Goverment Awards

id Inovatif Goverment Awards,Kemendagri

Kepala Puslitbang dan Inovasi Daerah Kemendagri, Syafrizal (tiga dari kanan) berfoto bersama dengan Bupati Padang Pariaman, Ali Mukni (tengah) saat mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padang Pariaman, di Pariaman, Rabu (14/11). (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M.S)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) serta tiga kabupaten dan kota di daerah itu, yakni Kabupaten Padang Pariaman, Agam, dan Kota Solok, masuk dalam nominasi Inovatif Government Awards yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam negeri.

"Kami sedang menyelenggarakan Inovatif Government Awards yang mana daerah yang memasukkan indeks inovasi di Indonesia mencapai 300 daerah," kata Kepala Puslitbang dan Inovasi Daerah Kemendagri, Syafrizal saat mengunjungi sejumlah organisasi perangkat daerah di Padang Pariaman, Rabu (14/11).

Ia menyebutkan daerah-daerah tersebut mengumpulkan inovasi minimal dua tahun terakhir dan data yang dimasukkan disesuaikan dengan 25 indikator yang diminta.

Dari indikator itu, ditemukan daerah baik tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota di Indonesia yang memiliki inovasi yang masing-masingnya 10 daerah.

"Jadi kita bagi yaitu untuk 10 provinsi, 10 kabupaten , dan 10 kota di Indonesia," katanya.

Sedangkan di Sumbar, lanjutnya terjaring pemerintahan provinsi serta tiga kabupaten dan kota di daerah itu yang masuk nominasi Inovatif Government Awards. "Dengan banyaknya daerah yang masuk nominasi tersebut maka Sumbar dianggap berhasil mengembangkan inovasi," ujarnya.

Ia menyampaikan tahap pertama Inovatif Government Awards dimulai semenjak Agustus hingga 26 Oktober dan sekarang memasuki tahap dua yaitu klarifikasi.

Lalu dilanjutkan dengan tahap presentasi dari kepala daerah yang bersangkutan yang berlangsung dari 28 November hingga 5 Desember.

"Sedangkan penganugerahannya dilaksanakan pada 7 Desember," kata dia.

Pada kesempatan tersebut ia menyampaikan bahwa Padang Pariaman merupakan salah satu daerah unggul baik dari data yang dikumpulkan maupun dari kunjungan faktual, bahkan telah mendapatkan pengharagaan tingkat nasional.

"Saya rasa Padang Pariaman bisa menjadi contoh daerah mencapai kinerja daerah dengan cara kerja baru," ujar dia.

Sementara itu, Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni mengatakan bahwa dirinya selalu menekankan Aparatur Sipil Negara di daerah itu untuk selalu berinovasi.

"Bahkan kita tekankan tiada hari tanpa inovasi," katanya.

Dari hasil instruksi tersebut telah menghasil sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang menciptakan sejumlah inovasi terutama untuk pelayanan.

Ia menyebutkan inovasi tersebut di antaranya yaitu pelayanan perizinan yang cepat, pencatatan sipil, bahkan di bidang kesehatan.

Pada Inovatif Government Awards tersebut pihaknya memasukkan 75 inovasi yang dikumpulkan dari seluruh OPD di daerah itu. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar