Jalan Muara Surantih perlu peningkatan

id Peningkatan jalan pesisir selatan,Jalan Muara Surantih

Jalan Muara Surantih perlu peningkatan

Wali Nagari Lansano Taratak, Nopen Hendri di jalan sekitaran muara Surantih. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Jalan menuju muara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang menyokong perekonomian ratusan masyarakat setempat perlu ditingkat mulai dari pengerasan hingga pengaspalan.

"Jalan sepanjang lebih kurang satu kilometer mesti ditingkatkan karena ketika musim hujan jalan ini selalu digenangi air," kata Wali Nagari Lansano Taratak, Nopen Hendri di Surantih, Kamis.

Padahal ungkapnya, jalan itu merupakan satu-satunya akses bagi ratusan warga setempat baik bagi mereka yang berprofesi sebagai nelayan ataupun pembuat ikan teri setiap harinya.

Selain itu, jalan tersebut juga menjadi akses bagi puluhan kendaraan roda empat untuk mengangkut ratusan ton ikan baik pada malam maupun siang harinya.

Ikan tersebut tidak hanya dipasarkan di kabupaten dan provinsi setempat namun juga diangkut dan dipasarkan di provinsi lain di Pulau Sumatera seperti Jambi, Bengkulu, Palembang, Bangka Belitung dan lainnya.

"Jika dibandingkan dengan perputaran uang di lokasi, jalan yang ada saat ini memang tidak memadai," katanya lagi.

Meski nagari setempat memiliki dana desa namun pihaknya mengaku tidak berani mengalokasikan untuk perbaikan jalan karena status jalan merupakan jalan kabupaten.

"Jika jalan ini berstatus sebagai jalan nagari sejak awal saya menjabat dipastikan pembangunan jalan akan tuntas," ujarnya.

Terkait pembangunan jalan pihaknya mengaku terus berkomunikasi dengan pejabat kabupaten dan anggota DPRD setempat namun hingga sekarang belum membuahkan hasil.

"Kedepan saya akan maksimal lagi membicarakan perihal jalan ini, sehingga jalan yang sudah lama dinantikan terwujud," sebutnya. (*)