Pemkot Payakumbuh tambah bonus atlet

id Rizal Falepi,Bonus Porprov

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) – Bonus atlet Kota Payakumbuh pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar XV di Padang Pariaman meningkat dari tahun sebelumnya menjadi Rp40 juta.

“Untuk Porprov 2018 ini bonus untuk emas akan kami tingkatkan menjadi Rp40 juta. Untuk perak dan perunggu juga akan kami usahakan untuk dinaikkan, peningkatannya mungkin Rp2 juta untuk perak dan Rp1 juta untuk perunggu,” kata Wali Kota Riza Falepi dihadapan pengurus cabang olahraga dan atlet Payakumbuh, saat melakukan pertemuan di salah satu restoran di Ngalau Indah, Payakumbuh, Selasa.

Pada Porprov 2016 di Padang, atlet peraih medali emas menerima bonus Rp35 juta, peraih medali perak diberi bonus Rp10 juta dan medali perunggu Rp8 juta. Sedangkan untuk Porprov 2018 di Padangpariaman, setiap peraih medali emas akan diberi bonus senilai Rp40 juta.

Ia mengharapkan peningkatan bonus itu harus disikapi seluruh atlet dan juga Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Payakumbuh untuk meningkatkan prestasi pada iven dua tahunan itu.

“Target harus tetap berada di 10 besar, tapi ada catatan, kalau dulu tidak ada catatan. Catatannya, atlet-atlet yang dibina harus lebih baik daripada dua tahun yang lalu. Dalam arti, kita inginkan pembinaan harus lebih bagus, lebih terarah, dan lebih memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi lebih jelas,” ujarnya.

Dia menegaskan, untuk Porprov 2018, kontingen Kota Payakumbuh harus murni berasal dari daerah tersebut. “Daerah kita ini tidak tertarik dengan atlet luar. Kalau tidak terlalu penting jangan ambil atlet luar. Kalau atlet dari luar sudah barang jadi,” lanjutnya.

Untuk memastikan pembinaan atlet-atlet asal Kota Payakumbuh bisa terus ditingkatkan prestasinya. Setelah Porprov, KONI harusbisa melakukan pendataan terhadap atlet yang bisa dijadikan sebagai andalan daerah itu untuk di masa yang akan datang.

“Cabang olahraga tertentu yang memang prestasinya sudah bagus nanti pembinaannya akan kita serahkan kepada OPD," katanya.

Pemkot Payakumbuh evaluasi para atlet usai Porprov.

"Kita akan adakan rapat evaluasi, hasilnya bagaimana, kita buat datanya. Cabang olahraga apa saja yang dapat medali, bagaiaman kondisi atletnya, umur, prestasi, dan kemungkinan masih bisa meningkat atau tidak. Di situ nanti diputuskan atlet yang akan dibina, databasenya harus ada,” kata Riza. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar