96 atlet perkuat Indonesia di ajang Beijing ASEAN Students' Games

id Beijing ASEAN Students' Games

Tim Indonesia di ajang Beijing ASEAN Students' Games (Antara)

Beijing, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 96 atlet pelajar dari berbagai cabang olahraga memperkuat kontingen Indonesia di ajang Beijing ASEAN Students' Games (BASG) ke-4 yang berlangsung 3-18 November 2018.

"Kami ikut semua cabang olahraga yang dipertandingkan," kata Ketua Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Tiongkok (Permit) Beijing, Melvin Setiawan Suhanto, kepada Antara di Beijing, Senin.

Terdapat tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni atletik, bola voli, bola basket, sepak bola, bulu tangkis, tenis meja, dan biliar.

Kontingen Indonesia tidak mematok target tertentu dalam pesta olahraga antarpelajar se-Asia Tenggara di China itu.

Saat ini Indonesia berada di posisi pertama klasemen sementara bola basket. Untuk cabang bulu tangkis, Indonesia bakal bertemu Laos di babak semifinal beregu.

Namun, tim sepak bola Indonesia harus bersusah payah untuk bisa lolos ke babak selanjutnya setelah bertekuk lutut di hadapan Laos, meskipun sebelumnya sempat menang melawan Kamboja.

"Untuk bisa lolos ke babak selanjutnya, pekan depan kami harus menang lawan Thailand," kata Melvin.

BASG yang diselenggarakan di kampus Beijing Language and Culture University (BLCU) itu diikuti 800 atlet dari Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam yang sedang belajar di China.

Sekretaris Jenderal Lemmbaga Pusat ASEAN-China (ACC) Chen Dehai dalam sambutan pembukaan di BLCU, Sabtu (10/11), mengatakan BASG bertujuan membangun semangat kebersamaan, memperkuat rasa saling percaya, dan menjalin persahabatan antarpelajar se-Asia Tenggara di China melalui partisipasi aktif dan bertanding secara sportif.

Beberapa diplomat dari negara peserta turut hadir dalam pembukaan acara tersebut, termasuk Atase Pendidikan Kedutaan Besar RI di Beijing Yaya Sutarya.

BASG dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan pertama kali digelar di University of International Business and Economics (UIBE) Beijing pada 2012. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar