Masyarakat terdampak bencana diminta bersabar tunggu penanganan pemerintah

id John Kenedy Azis ,Penanganan daerah terdampak bencana,Longsor di Pariaman

Anggota DPR RI asal pemilihan Sumatera Barat (Sumbar) II, John Kenedy Azis (dua dari kanan) meninjau lokasi longsor di Desa Sintuak, Minggu (11/11). (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Anggota DPR RI asal pemilihan Sumatera Barat II, John Kenedy Azis mendesak pemerintah pusat agar segera memfokuskan penanganan daerah yang terdampak bencana alam.

"Kami di DPR mendesak kementerian dan lembaga terkait untuk memberikan perhatian lebih terhadap daerah yang terkena musibah bencana alam seperti Provinsi Sumbar," katanya saat mengunjungi lokasi longsor di Kota Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan perhatian dan fokus yang perlu dilakukan oleh kementerian maupun lembaga terkait seperti membantu pengadaan alat-alat berat atau penanganan sebelum terjadinya bencana alam.

Desakan kepada kementerian maupun lembaga terkait akan disampaikan secara langsung melalui rapat dengar pendapat sehingga diharapkan memberikan solusi nyata, ujar dia.

Namun, masyarakat khususnya di Sumbar perlu bersabar dalam hal realisasi penanganan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Hal itu lanjut dia, dikarenakan musibah bencana alam tidak hanya terjadi di Sumbar namun di beberapa provinsi juga terdampak sehingga fokus penanganan pemerintah cukup luas.

"Kita tentunya perlu bersabar dalam hal ini, namun sebagai wakil rakyat yang mewakili aspirasi masyarakat di Sumbar merupakan suatu kewajiban kami dalam memperjuangkannya," katanya.

Pihaknya juga menyakini apabila pengadaan seperti alat berat dibebankan kepada pemerintah daerah maka tidak akan sanggup ditampung APBD, hal itu disebabkan butuh biaya besar.

Sementara itu Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengatakan saat ini daerah itu membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat terutama pengadaan alat berat.

"Salah satu kendala yang sering dihadapi pascabencana alam ialah persoalan alat berat, sebagai contoh penanganan longsor di Desa Sintuak terhalang akibat mesin ekskavator mengalami kerusakan," kata dia.

Oleh karena itu lanjut dia, kedepan pemerintah perlu mensiasati agar penanganan pascabencana alam bisa ditanggulangi sebaik mungkin. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar