Wawako Payakumbuh Kunjungi Tempat Bersejarah

id Hari pahlawan

Wawako Payakumbuh Kunjungi Tempat Bersejarah

Wawako tebar bunga di jembatan ratapan ibu. (ANTARA SUMBAR/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) – Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz bersama rombongan melakukan kunjungan ziarah ke tempat yang memiliki sejarah perjuangan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November di kota itu.

“Untuk mengenang jasa pahlawan, kita mengunjungi tempat bersejarah Jembatan Ratapan Ibu yang menyimpan cerita pilu tentang perjuangan para pemuda Ranah Minang dalam merebut kemerdekaan,” ujarnya setelah melakukan upacara peringatan di GOR Kubu Gadang, Sabtu.

Kunjungan juga dihadiri TNI/Polri, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Aparatur Sipil Negara.

Ikut hadir Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Yendri Bodra Datuak Parmato Alam beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Payakumbuh.

Upacara penghormatan dilakukan di area jembatan dengan meletakkan rangkaian bunga sebagai bentuk penghormatan tepat di Tugu Ratapan Ibu yang menunjuk lurus ke arah jembatan dan Batang Agam.

Erwin mengatakan untuk membangun sejarah di masa sekarang perlu dilakukan dialog dengan sejarah masa lalu. Pembangunan yang dirasakan pada saat ini merupakan hasil dari perjuangan pahlawan bangsa yang berjuang untuk Indonesia lebih baik.

"Memperingati hari pahlawan setiap tahun merupakan bentuk anak bangsa untuk melawan lupa. Jangan sampai lupa dengan ukiran sejarah yang pernaha ada. Bangsa ini dibangun oleh orang-orang hebat pada masa itu, sepatutnya setiap nilai sejarah berdirinya bangsa Indonesia wajib kita hargai." Ungkap Wawako.

Ia mengatakan tabur bunga dilakukan merupakan runtutan sejarah untuk mengenang para pahlawan yang menjadi korban keganasan penjajah di jembatan Ratapan Ibu.

"Mereka adalah pendahulu kita yang rela mengorban nyawa untuk mempertahankan bangsa ini. Untuk tetap istiqomah dari hati untuk mengenang jasa para pahlawan, tabur bunga kita lakukan di jembatan ratapan ibu ini," pungkas Erwin.*