Genjot pariwisata melalui konsep kota tepi air, Pemkot Pariaman gandeng PLN

id Pariaman

Genjot pariwisata melalui konsep kota tepi air, Pemkot Pariaman gandeng PLN

Wali Kota Pariaman Genius Umar dan pihak PLN UIW Sumbar meninjau lokasi rencana pembangunan water front city. (Istimewa)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman Sumatera Barat mengandeng PT PLN Unit Induk Wilayah setempat dalam mewujudkan konsep kota tepi air atau water front city di daerah itu pada 2019.

"Kami serius dalam menggarap berbagai potensi yang ada terutama untuk memajukan sektor pariwisata, salah satunya konsep ini," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Sabtu.

Menurut dia konsep kota tepi air yaitu upaya memberdayakan aliran sungai yang ada untuk menunjang sektor pariwisata Kota Pariaman menjadi destinasi wisata di provinsi itu.

Ia mengatakan di kota tersebut terdapat aliran sungai yang dapat diberdayakan menjadi konsep tersebut, namun membutuhkan biaya yang cukup besar.

Pemerintah daerah berupaya mewujudkan konsep tersebut di aliran Sungai Aia Pampan yang terletak di Kecamatan Pariaman Tengah dengan melakukan penjajakan dengan PT PLN UIW wilayah Sumbar.

"Pemerintah daerah terus berupaya menggandeng berbagai pihak dalam memajukan sektor pariwisata diantaranya menjalin kerja sama dengan BUMN maupun pihak swasta," katanya.

Pengajuan proposal bantuan tersebut telah disepakati oleh PT PLN UIW untuk pembangunan pedestrian yang dimulai pada 2019.

Sementara itu General Manager PLN UIW Sumbar Susiana Mutia mengatakan kedua pihak telah menyepakati kerja sama untuk mewujudkan konsep kota tepi air atau water front city yang ditargetkan pada 2019.

"PLN akan membangun pedestrian kawasan Sungai Aia Pampan sebagai penunjang konsep water front city sekaligus mendorong sektor pariwisata di Pariaman," kata dia.

Ia menambahkan dana tanggung jawab sosial perusahaan akan diberikan sebagai bentuk kepedulian PLN kepada daerah.

Sumatera Barat adalah provinsi yang memiliki potensi pariwisata yang amat banyak dan beragam, hampir pada 19 kabupen dan kota di daerah itu. Promosi dilakukan dengan tagline "Taste of Padang,".*