Anggaran TMMD di Tanah Datar Rp1,6 miliar

id Tmmd, anggaran

Anggaran TMMD di Tanah Datar Rp1,6 miliar

Pelaksanaan TMMD oleh Kodim 0307 Tanah Datar. (Antara Sumbar/ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 tahun 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, menggunakan anggaran sebesar Rp1,6 miliar yang berasal dari beberapa sumber dana.

Komandan Kodim 0307 Tanah Datar, Letkol Inf Edi S Harahap di Batusangkar, Jumat, mengatakan TMMD sudah diselenggarakan sejak 15 Oktober hingga 13 November 2018 yang berlokasi Kecamatan Tanjung Emas dan Kecamatan Sungayang.

"Anggaran sebesar Rp1,6 miliar tersebut diantaranya berasal dari APBD Kabupaten Tanah Datar, APBN serta dari Dana Nagari Saruaso," katanya.

Ia menyebutkan, alokasi dari dana itu mengarah pada dua sasaran kegiatan, yaitu fisik dan nonfisik. Sasaran fisik dalam kegiatan ini adalah pembangunan serta rehab terhadap beberapa bangunan rumah dan fasilitas umum.

Pembangunan yang dilakukan diantaranya adalah pembukaan jalan baru dan pengerasan sepanjang 2 kilometer dengan lebar 8 meter. Selain itu juga dilakukan pengecoran jalan sepanjang 400 meter dengan lebar 3,5 meter.

Selanjutnya pihaknya juga membangun saluran irigasi sepanjang 300 meter. Melakukan rehab terhadap rumah tidak layak huni sebanyak 8 unit, rehab pos ronda, mushalla yang masing-masingnya sebanyak satu unit serta pembuatan MCK.

Sementara untuk kegiatan nonfisik adalah penyuluhan kebencanaan, pendidikan bela negara, peghijauan, donor darah, program pembangunan pemberdayaan masyarakat desa dan pelayanan kesehatan masyarakat.

Selain itu juga dilakukan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat serta penyuluhan tentang hukum, narkoba, lalu lintas dan penyakit masyarakat.

Sebelumnya Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma mengatakan kegiatan TMMD sangat membantu masyarakat dan pemerintah daerah. Salah satunya adalah pembangunan jalan yang akan mempermudah akses masyarakat.

"Sasaran kegiatan fisik dan non fisik dari TMMD merupakan wujud kepedulian TNI untuk membangun bangsa dari berbagai sektor, sesuai dengan tema kegiatan yaitu TNI Manunggal Bersama Rakyat Dalam Mewujudkan Desa yang Maju Sejahtera dan Demokratis," katanya. (*)