LP2M gelar tes IVA gratis di Batu Gadang

id tes iva

Lurah Batu Gadang beserta ibu-ibu setempat pada acara tes IVA gratis yang difasilitasi LP2M di Padang, Kamis (8/11) (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antaranews Sumbar)- Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) Sumatera Barat menggelar tes inpeksi visual asetat (IVA) sebagai upaya deteksi dini kanker rahim bagi ibu-ibu di Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan Padang.

"Tes IVA gratis ini bagian dari peringatan hari kesehatan dan upaya mengedukasi kaum perempuan tentang kesehatan reproduksi," kata Staf LP2M Sumbar Refita di Padang, Kamis.

Menurut dia Kelurahan Batu Gadang merupakan salah satu daerah pendampingan LP2M dan deteksi dini kanker rahim penting dilakukan.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 55 ibu di Puskesmas Pembantu Batu Gadang.

Sementara Lurah Batu Gadang Erisman menyambut baik kegiatan ini sebagai antisipasi dini sehingga kesehatan ibu lebih terjaga.

"Jika diantisipasi lebih awal tentu bisa dicegah dan biaya yang dikeluarkan untuk berobat bisa lebih ringan," kata dia.

Sejalan dengan itu perwakilan Puskesmas Pembantu Batu Gadang Ernawati Hasan menerangkan idealnya tes IVA dilakukan setahun sekai terutama bagi perempuan berusia 35 tahun ke atas.

Ia menjelaskan jika ada perempuan yang mengalami keputihan patut dicurigai dan cara antisipasi dengan melakukan tes.

Tesnya tidak lama hanya butuh waktu satu menit ditangani bidan, jadi tidak perlu malu karena mencegah lebih baik daripada mengobati, katanya.

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar