Tekan harga tiket, Asita harapkan penambahan jadwal penerbangan ke Padang

id penerbangan, bim

Sejumlah pesawat udara parkir di apron Bandara Internasional Minangkabau. (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Info dari maskapai, tahun ini tingkat keterisian pesawat lumayan tinggi, ini menyebabkan tiket mahal, jika pemerintah provinsi ingin meningkatkan kunjungan wisatawan solusinya penambahan jadwal penerbangan
Padang, (Antaranews Sumbar ) - Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumatera Barat menilai perlu penambahan rute penerbangan dari Jakarta ke Padang untuk menekan harga tiket yang tergolong mahal akibat tingginya permintaan.

"Info dari maskapai, tahun ini tingkat keterisian pesawat lumayan tinggi, ini menyebabkan tiket mahal, jika pemerintah provinsi ingin meningkatkan kunjungan wisatawan solusinya penambahan jadwal penerbangan," kata Ketua Asita Sumbar Ian Hanafiah di Padang, Kamis.

Menurutnya dibandingkan dibandingkan rute Pekanbaru-Jakarta dengan Padang-Jakarta yang jaraknya relatif tiket ke Padang jauh lebih mahal.

"Ini terjadi karena hukum pasar saat permintaan tinggi harga naik, menandakan orang juga ramai ke Padang, maskapai tentu saja akan mengambil untung karena dijual mahal saja laku," katanya.

Ia mengatakan mahalnya harga tiket juga menjadi keluhan pemerintah provinsi yakni Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang meminta maskapai tidak menjual dengan harga terlalu mahal.

"Oleh sebab itu pemerintah harus melakukan intervensi lewat penambahan jadwal sehingga harga tiket dapat lebih murah," katanya.

Pada sisi lain ia menilai tahun ini kunjungan wisatawan ke Sumbar merupakan yang terbaik dibanding tahun sebelumnya.

"Teman-teman hotel senang, karena tingkat hunian nyaris penuh, biasanya kan ada musim ramai dan sepi, tapi tahun ini nyaris cukup merata," ujarnya.

Sementara Humas PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Minangkabau Fendrick Sondra menyebutkan saat ini pihaknya setiap hari melayani 81 penerbangan domestik dan 6 rute internasional.

Dari 81 penerbangan tersebut sebanyak 69 penerbangan merupakan rute Padang-Jakarta, ujarnya.

Ia menyebutkan jumlah penumpang yang tiba dan berangkat setiap hari mencapai 10 ribu orang dengan tingkat keterisian penumpang rata-rata 76 persen dengan jam operasional mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Terkait dengan penambahan jadwal ia memastikan PT Angkasa Pura II siap untuk melayani karena yang dilakukan tinggal mengatur slot yang ada. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar