Juara umum MTQ tingkat Kabupaten Pasaman diraih kafilah Rao Selatan

id MTQ

Juara umum MTQ tingkat Kabupaten Pasaman diraih kafilah Rao Selatan

Wabup Atos Pratama menyerahkan trophy Juara Umum MTQ ke-46 kepada Camat Rao Selatan, Khairul Ihsan. (Ist)

Lubuk Sikaping (Antaranews Sumbar) - Kafilah Rao Selatan, akhirnya tampil sebagai pemenang (Juara umum) pada perhelatan MTQ ke-46 tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2018 di Duokoto. Disusul kafilah Panti dan Rao, ditempat kedua dan ketiga.

Ketiga kecamatan itu pun berhak membawa pulang tiga ekor sapi, dari Pemkab Pasaman. Tiga ekor sapi itu sebagai hadiah bagi para kafilah peraih juara umum I, 2 dan 3 pada ivent dua tahunan tersebut.

Sementara kafilah peraih peringkat terbawah, yakni Tigonagari berhak membawa pulang satu ekor kambing berjenggot.

Musabaqah tilawatil qura'n (MTQ) nasional ke-46 ini resmi di tutup oleh Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, Rabu (7/11). Kegiatan ini berlangsung di lapangan sepak bola Tuah Basamo, Andilan, Nagari Persiapan Simpang Tonang Selatan, Kecamatan Duokoto.

Wabup Atos Pratama menyampaikan apresiasinya untuk tiga kecamatan yang tampil sebagai kafilah terbaik. Ia mengatakan, bahwa pelaksanaan MTQ merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan bacaan, hafalan, serta pendalaman isi Al-Qura'an.

"Kepada Qori dan Qoriah, yang berhasil meraih peringkat juara, semoga prestasi ini bisa dipertahankan dimasa mendatang. Bagi kafilah yang belum berhasil, kata dia, agar terus berlatih dan memacu diri untuk berpestasi di kesempatan berikutnya," katanya.

Ia menyebutkan, semangat musabaqah pada hakikatnya adalah untuk meningkatkan syiar Qur'an dan mengamalkan nilai nilai serta kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari hari.

"Saya mengajak kepada kita semua agar senantiasa membaca Al Quran, mendalami isi Al Quran dan mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari," katanya.

Sementara, Camat Duokoto, Ramsul Ikhlas mengatakan, pelaksaaan MTQ ke 46 ini berjalan lancar berkat semangat dan kekompakan seluruh pihak, termasuk kerja keras panitia.

"Terkhusus bagi pemuda Tuah Basamo, saya mengucapkan ribuan terimakasih atas bantuan dan kerjasamanya menyukseskan acara ini," sebutnya.