Wagub ingatkan generasi muda tidak masuk perguruan tinggi berakreditasi C

id Nasrul Abit,Perguruan Tinggi Akreditasi C

Wagub Nasrul Abit memberi arahan pada pelantikan pengurus forum DAS Sumbar (Ist) (Ist/)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengingatkan generasi muda untuk tidak kuliah di Perguruan Tinggi (PT) yang memiliki akreditasi C ke bawah karena lulusannya sulit bersaing dalam dunia kerja.

"Salah satu evaluasi dalam penerimaan CPNS tahun ini, ijazah PT yang akreditasi C tidak diterima. Percuma kalau IPK 4.00, lulus summa cum laude tetapi tidak bisa bersaing di dunia kerja," katanya di Padang, Rabu.

Ia mengatakan itu dalam upaya meningkatkan daya saing lulusan PT di Sumbar agar tidak menambah jumlah pengangguran di daerah itu.

Nasrul memahami statmen itu bisa memancing kemarahan dari Perguruan Tinggi yang belum memiliki akreditasi minimal B. Namun ia memastikan hal itu untuk mendorong agar lembaga pendidikan di provinsi itu terus berbenah agar bisa menghasilkan lulusan berkualitas.

"Kita dorong Perguruan Tinggi ini sesegera mungkin mengurus akreditasinya. Jika, akreditasi C maka naikan ke akreditasi B. Kalau dapat hingga akreditasi menjadi A," katanya.

Sementara Perguruan Tinggi yang masih dalam proses mendaftarkan akreditasi ke BAN-PT agar selalu lakukan pengecekan hingga status perguruan tinggi sudah memiliki akreditasi.

Ia juga menganjurkan agar orang tua juga memahami pentingnya akreditasi bagi lulusan perguruan tinggi dalam mencari pekerjaan sehingga tidak menyia-nyiakan pendidikan anaknya.

"Jangan asal menguliahkan anak di Padang, tetapi tidak tahu kualitas tempat kuliahnya," ujarnya.

Saat ini masih ada sejumlah Perguruan Tinggi di Sumbar yang masih memiliki akreditasi C bahkan berstatus terdaftar di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar