Jelang etape VII TdS, jalan ke Solok Selatan masih berlubang

id TdS 2018,Perbaikan Jalan Nasional,Polres Solok Selatan

Kapolres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto (kanan) bersama Ketua DPRD setempat Sidik Ilyas (kiri) saat meninjau perbaikan jalan nasional jelang pelaksanaan etape VII TdS 2018 yang finis di daerah itu. (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Solok Selatan meminta perbaikan jalur yang akan dilalui para pebalap Tour de Singkarak (TdS) 2018 etape VII segera diselesaikan karena hingga saat ini masih banyak lubang hingga jalan bergelombang.

Kapolres Solok Selatan, AKBP Imam Yulisdianto saat melakukan survei jalur, di Padang Aro, Selasa, mengatakan jelang H-3 pelaksanaan TdS 2018, finis etape VII di Solok Selatan kondisi jalan yang akan dilalui pebalap masih memprihatinkan dimana kondisinya saat ini, ini masih banyak terdapat lubang besar, sedang, kecil hingga jalan bergelombang.

"Kondisi di lapangan masih tahap pengerjaan seharusnya ini dilakukan sejak jauh hari sehingga tidak terburu-buru dalam pelaksanaan pengerjaannya ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang kurang baik," katanya.

Menurutnya, pada jalur etape VII mulai dari batas kabupaten hingga lokasi finis di depan kantor bupati terdapat 381 lubang. Ini dikhawatirkan akan membahayakan para pebalap.

"Kami selaku pihak keamanan hanya bisa memberikan masukan dan menyarankan kepada pihak panitia agar segera menyelesaikan pengerjaan ini secepatnya," ujarnya.

Ketua DPRD Solok Selatan, Sidik Ilyas menambahkan, panitia lokal juga diminta proaktif dan selalu berkomunikasi dengan panitia pelaksana TdS 2018 sehingga tidak akan menjadi kendala pada hari pelaksanaan nantinya.

Selain dengan panitia TdS, katanya, panitia lokal juga wajib berkoordinasi dengan balai wilayah jalan provinsi terkait pengerjaan jalan di jalur TdS ini.

Menurut dia, ini merupakan iven internasional yang diikuti oleh beberapa negara sehingga tidak membuat panitia malu saat pelaksanaan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan, Harry Trisna menyebutkan, pihaknya telah intens berkoordinasi dengan pihak panitia TdS beserta Balai Pelaksanaan Jalan Nasional III Padang terkait perbaikan jalan pada jalur yang akan ditempuh para pembalap pada etape VII.

"Mereka sudah menyanggupi dan menyatakan dua hari jelang pelaksanaan etape 7 ini kondisi jalan berlubang telah tertutupi dan bisa ditempuh oleh pembalap dengan layak," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar