Wabup Solok Selatan resmikan kelompok ekonomi petani

id Wabup Solok Selatan,Abdul Rahman,Kelompok Ekonomi Petani

Wabup Solok Selatan resmikan kelompok ekonomi petani

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman (kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan Traktor (John Dere) kepada Kelompok tani Sejahtera Misni, Selasa. (Dok. Bagian Humas Setda Solok Selatan)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Solok Selatan, Sumbar Abdul Rahman meresmikan Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Sejahtera yang beranggotakan 70 orang dan berasal dari enam kelompok tani di kabupaten itu, Selasa.

Selain itu, Wabup juga menyerahkan bantuan traktor kepada Kelompok tani tersebut untuk mempermudah petani dalam pengolahan sawah, di Padang Aro.

"Traktor ini juga bisa mengangkut Tandan Buah Sawit (TBS) atau yang biasa disebut sebagai zonder sehingga daerah yang sulit diakses dengan truk atau sejenisnya, bisa diatasi dengan angkutan ini," katanya.

Dia berharap bantuan yang diserahkan dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik-baiknya sehingga memberikan manfaat bagi kesejahteraan petani.

Alat ini katanya, tidak hanya untuk mengolah pertanian tetapi juga bisa digunakan sebagai alat angkut hasil pertanian di kawasan yang sulit dijangkau kebdaraan seperti mobil atau motor.

Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan Tri Handoyo Gunardi mengatakan, traktor roda empat tersebut merupakan bantuan yang diperoleh dari proposal yang diajukan ke pemerintah pusat.

"Hanya dua kabupaten di Sumbar yang mendapatkan bantuan ini yaitu Solok Selatan dan Pasaman Barat," katanya.

Dia menjelaskan, sebelum bantuan diberikan, Dinas Pertanian melakukan pembinaan kepada KEP Sejahtera yang akan mengelola bantuan tersebut.

"Kami melakukan pembinaan terlebih dahulu sebelum diberikan agar pemanfaatan dan pemeliharaan alat ini dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Setiap hari traktor ini juga bisa dimanfaatkan melalui Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA) yang ada dalam KEP Sejahtera dengan potensi sewa jutaan rupiah setiap harinya.

Selain itu sewa alat ini juga bisa menjadi modal bagi KEP untuk perawatan dan juga pengembangan usaha lainnya.

Turut hadir Ketua Kelompok Tani Misni beserta anggota kelompok tani, Tokoh Masyarakat setempat Tantua Rajo Sailan, Camat Sangir Balai Janggo Muslim, Wali Nagari Sungai Kunyit Rusnijal, Sekretaris Dinas Pertanian Sapta Dewi, Kabag Humas Firdaus Firman. (*)