Kelurahan Ngalau masuk penilaian pelaksana BBGRM terbaik

id BUlan Bhakti Gotong Royong

Tim klarifikasi BBGRM disambut di Kelurahan Ngalau Padang Panjang. (Antara Sumbar/ Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Kelurahan Ngalau di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, masuk dalam penilaian pelaksana terbaik Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat provinsi setempat.

Tim klarifikasi BBGRM mendatangi kelurahan itu, Senin, untuk melakukan klarifikasi dan penilaian.

Ketua tim klarifikasi BBGRM, Irwandi Wales di Padang Panjang, Senin, mengatakan selain untuk tujuan penilaian pihaknya mendatangi kelurahan itu untuk melakukan silaturahim bersama masyarakat setempat.

Ia menjelaskan penilaian pelaksana terbaik BBGRM dilaksanakan dalam dua tahap yaitu secara administrasi kemudian dilanjutkan penilaian langsung ke lapangan.

Kelurahan Ngalau saat ini melalui tahap penilaian lapangan untu mengetahui sejauh mana kesesuaian hasil pelaksanaan dengan informasi yang telah dilaporkan.

Terdapat empat indikator yang akan menjadi acuan dalam penilaian lomba BBGRM tingkat Sumbar yaitu di bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya dan agama serta bidang lingkungan hidup.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Padang Panjang, Iriansyah Tanjung mengatakan gotong royong merupakan kegiatan yang diupayakan kelestariannya di tengah masyarakat.

Gotong royong menurutnya menggambarkan semangat kerja dalam kegiatan sehari-hari warga daerah itu.

"BBGRM ini termasuk salah satu kegiatan yang selalu pemerintah anjurkan untuk dilaksanakan dan ditingkatkan oleh masyarakat," ujarnya.

Kota Padang Panjang sendiri sudah meluncurkan program percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat kelurahan atau disingkat dengan P3MK.

Program inilah yang akan memberdayakan masyarakat kelurahan secara maksimal melalui organisasi yang ada di kelurahan tersebut. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar