Hendrajoni dorong lulusan perguruan tinggi berwirausaha

id Hendrajoni,Akademi Komunitas

Hendrajoni dorong lulusan perguruan tinggi berwirausaha

Bupati Hendrajoni memotivasi para wisudawan dan wisudawati Akademi Komunitas Pesisir Selatan. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni mendorong lulusan perguruan tinggi berinovasi dalam menciptakan lapangan pekerjaan sehingga berdampak baik bagi dirinya dan lingkungannya.

"Berinovasi menciptakan lapangan pekerjaan merupakan langkah yang mesti dilaksanakan para wisudawan dan wisudawati sehingga selain akan berdampak baik bagi dirinya juga berdampak baik bagi lingkungannya," katanya usai melepas wisudawan dan wisudawati Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan di Painan, Senin.

Jika hal itu tidak dilakukan, maka wisudawan-wisudawati akan ikut dalam antrean untuk mendaftarkan diri sebagai karyawan di perusahaan milik swasta, pemerintah ataupun mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil, tambahnya.

Menurutnya hal tersebut sudah sangat wajar dilakukan oleh lulusan perguruan tinggi, sehingga saking lamanya mengantre sebagian ilmu dan keterampilan yang dimiliki perlahan hilang dengan sendirinya.

"Membuka usaha sendiri saya rasa lebih baik apalagi peluang untuk itu saat ini cukup terbuka, contohnya saja membuka jasa perjalanan wisata," ujarnya.

Hanya saja menurut Hendrajoni sebagai pendatang baru mereka mesti lebih unggul seperti adanya pelayanan tambahan, potongan harga dan lainnya, sehingga cepat dikenal dan tidak kalah saing.

Bahkan membuka usaha oleh-oleh untuk wisatawan juga menjanjikan mengingat banyaknya wisatawan yang datang ke daerah itu setiap harinya.

"Pesisir Selatan merupakan daerah kunjungan wisatawan dan situasi ini bisa dimanfaatkan untuk menjual oleh-oleh," sebutnya.

Namun ia kembali berpesan agar usaha oleh-oleh yang baru dirintis juga mesti berbeda dengan yang lain mulai dari kemasan, rasa, hingga cara pelayanan kepada mereka yang akan membeli.

Pada acara pelepasan wisudawan dan wisudawati Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan itu bupati melepas 118 orang dan semenjak didirikan akademi tersebut telah menggelar tiga kali kegiatan serupa. (*)