4.316 peserta seleksi CPNS rebutkan 250 formasi di Pasaman Barat

id CPNS,Seleksi CPNS 2018,Syahiran

4.316 peserta seleksi CPNS rebutkan 250 formasi di Pasaman Barat

Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat meninjau kesiapan peserta ujian CPNS yang melaksanakan tes di Bukiitinggi, Senin (5/11).

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Sekitar 4.316 orang peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) bersaing memperebutkan 250 kuota yang akan diterima menjadi pegawai negeri di daerah itu.

"Ya, hari ini Senin (5/11) peserta mengikuti tes di Gedung Pustaka Bung Hatta Bukittinggi," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran.

Menurutnya, peserta CPNS tersebut harus berjuang dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan. Jangan percaya kepada pihak manapun yang berjanji mampu untuk meloloskan menjadi PNS.

"Kepada semua peserta agar melewati prosedur yang berlaku, sehingga tidak ada lagi kesalahan dalam hal administrasi. Seperti melakukan registrasi diruang tunggu sebelum ke ruangan CAT," katanya.

Selain itu, kerahkan kemampuan diri, optimis untuk lolos dan jangan percaya calo atau iming-iming dari pejabat tertentu untuk menjadi PNS.

Ia menyebutkan peserta CPNS diharapkan untuk tetap bersikap tenang dalam ujian dan menjawab semua pertanyaan. Sebab, rasa gugup akan membuat pikiran tidak bisa berpikir secara jernih.

Ia berharap, dengan sistem CAT dalam perekrutan PNS bisa menghasilkan PNS yang berkualitas.

"Sebab, dengan sistem ini tidak ada lagi celah untuk membantu para peserta. Mereka lulus dengan kemampuan mereka sendiri. Dalam proses ujian peserta akan bisa melihat langsung berapa nilai setiap peserta," ujarnya.

Selain itu, setelah selesai ujian para peserta dan keluarga peserta ujian sudah bisa melihat langsung pengumuman perolehan nilai yang diprinkan oleh panitia dari komputer monitor.

"Jadi tidak ada peluang untuk para calo dalam mengiming-imingi peserta tes CPNS. Kepada seluruh peserta ujian CPNS jangan percaya kepada iming iming yang disampaikan siapa saja dalam hal bisa membantu untuk meluluskan jadi PNS," sebutnya.

Ia sudah melihat sistem dan mekanisme tes. Jadi tidak ada celah untuk membantu peserta selain peserta itu sendiri. Tentunya saya berharap para peserta selalu berdoa semoga para peserta diberikan kemudahan dalam menjawab semua soal ujian," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pasaman Barat, Yudesri menambahkan, bahwa untuk ujian CPNS akan dilaksanakan mulai dari 5-8 November 2018. Dalam satu hari akan dilaksanakan 5 sesi ujian.

"Saya berharap semoga ujian CPNS untuk Pasaman Barat berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Semoga cuaca mendukung selama pekaksanaan ujian sehingga memudahkan tentunya bagi peserta ujian dari Pasaman Barat," harapnya.

Ia menyebutjan pelaksanaan ujian tersebut diawasi langsung oleh BPKP pusat maupun Inspektorat Provinsi, Inspektorat Kabupaten dan Kota.***4***