Polres Agam kerahkan 396 personel amankan titik rawan lintasan balap pariwisata TdS 2018

id Ferry Suwandi

Polres Agam kerahkan 396 personel amankan titik rawan lintasan balap pariwisata TdS 2018

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi, memeriksa persiapan personel yang akan dikerahkan untuk mengamankan TdS 2018 di halaman kantor Bupati Agam, Senin (5/11). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat, mengerahkan 396 personel untuk mengamankan 196 titik rawan kecelakaan lalu lintas pada jalur etape empat Tour de Singkarak (TdS) yang akan melintasi daerah itu pada Rabu (7/11).

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi di Lubukbasung, Senin, mengatakan ke 396 personel itu berasal dari anggota Polres Agam sebanyak 306 orang, Kodim 0304 Agam 30 orang, Dinas Perhubungan 30 orang dan Satpol-PP Damkar 30 orang.

"Mereka ini akan mengamankan 196 titik rawan kecelakaan lalu lintas mulai dari Gasan Gadang Kecamatan Tanjungmutiara sampai Ambun Pagi, Kecamatan Matur," katanya saat apel gelar pasukan pengamanan TdS 2018.

Dari 196 titik itu, tambahnya, Polres Agam fokus mengamankan tiga titik yang sering dilalui ternak warga jenis sapi dan kerbau.

Tiga titik itu berada di Pasar Tiku, Gasan dan Banda Gadang dengan mengerahkan 10 personel setiap titik.

"Kita telah melakukan koordinasi dengan Pemkab setempat untuk membuat surat edaran kepada pemilik ternak agar mengembalakan atau menjaga ternaknya supaya tidak mengganggu pelaksanaan TdS," katanya.

Selain lokasi sering dilalui ternak, Polres Agam juga mengamankan lokasi keramaian, persimpangan dan Kelok 44.

Khusus di Kelok 44, pihaknya melakukan kerja sama dengan BPBD Agam untuk membersihkan material tanah longsor dan pohon tumbang apabila melanda daerah itu.

"Kita berusaha semaksimal mungkin agar pelaksanaan TdS berjalan dengan baik dan tidak ada kecelakaan," katanya.

Etape empat dengan start dari Padang dan finis di Ambun Pagi, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam pada Rabu (7/11).

Ruas jalan yang akan dilalui pebalap akan steril satu jam setelah dilepas di Padang.

Setelah upacara gelar pasukan, dilanjutkan dengan simulasi pengamanan di rute yang akan dilalui. (*)